Menteri Susi Kuliahi Gobel Soal Garam

Menteri Susi Kuliahi Gobel Soal Garam
Menteri KPP Susi Pudjiastuti. FOTO: dok/jpnn.com

jpnn.com - JAKARTA -  Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Susi Pudjiastuti  kurang sependapat dengan pernyataan Menteri Perdagangan (Mendag) Rachmat Gobel, yang menyatakan rembesan impor garam industri tidak mengganggu hasil petani garam lokal.

Susi keberatan dengan pandangan Gobel, yang mengatakan garam industri yang diimpor beda spesifikasi dengan garam yang diproduksi di dalam negeri dan tidak bisa dimakan. Menteri asal Pangandaran, Jawa Barat ini justru merasa aneh dengan pernyataan Gobel. Sebab sedianya semua jenis garam layak dikonsumsi.

"‎Garam industri sama garam rumahan dan aneka pangan itu semua bisa dimakan. Kalau ada yang bilang garam industri itu enggak bisa dimakan saya agak aneh. Karena semua garam bisa dimakan," ungkap Susi di kantornya, Jakarta, Selasa (11/8).

Susi menjelaskan, yang membedakan antara garam industri dan garam rumahan hanya pada kualitasnya. Di mana garam industri memiliki kualitas yang bagus dan sangat bersih, dengan NHCI di atas 96 dan magnesium yang lebih rendah.

"Warna dan kadar air lebih rendah. Itu  garam yang dibutuhkan industri kimia Indonesia," ungkap bos Susi Air ini.

(Baca: Kecewa dengan Gobel, Susi Ancam Mogok)

Sayangnya garam jenis tersebut saat ini belum bisa diproduksi oleh petani garam lokal karena belum bisa memenuhi standar yang diperuntukkan bagi garam industri. (chi/jpnn)

JAKARTA -  Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Susi Pudjiastuti  kurang sependapat dengan pernyataan Menteri Perdagangan (Mendag) Rachmat


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News