Menteri Yasonna Minta Tim Antipungli Kemenkumham Lebih Galak

Menteri Yasonna Minta Tim Antipungli Kemenkumham Lebih Galak
Menkumham Yasonna H Laoly saat menyampaikan kata sambutan pada Rapat Koordinasi (Rakor) Unit Pengendalian Pungli (UPP) Kemenkumham di Hotel Novotel Tangerang, Minggu (17/9). Foto: Kemenkumham

jpnn.com, TANGERANG - Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Yasonna Hamonangan Laoly mengaku tidak mau lagi mendengar keluhan dari masyarakat tentang kesulitan dalam hal pelayanan di setiap unit kerja di kementerian yang dipimpinnya. Bahkan, Yasonna secara tegas mewanti-wanti agar tidak ada lagi praktik pungli dan korupsi di seluruh unit kerja Kemenkumham.

“Jujur saya katakan, saya masih mendengar orang mengeluh kesulitan mengurus hak-hak warga binaan pemasyarakatan. Mari layani mereka dengan baik,” imbau Yasonna kepada jajarannya saat memberikan sambutan pada kegiatan pertama pembukaan Rapat Koordinasi (Rakor) Unit Pengendalian Pungli (UPP) Kemenkumham di Hotel Novotel Tangerang, Minggu (17/9).

Menkumham melanjutkan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah sering kali menunjukkan keseriusannya dalam memberantas segala tindakan pungli. Karena itu, sambung Yasonna, ketegasan Presiden Jokowi seharusnya diikuti oleh semua jajaran pemerintahan termasuk Kemenkumham.

Apalagi, belakangan ini beberapa pejabat negara terkena operasi tangkap tangan (OTT) oleh aparat penegak hukum karena melakukan pungli ataupun menerima suap. "Kalau pungli dibiarkan, kita akan terjebak kepada jurang kehancuran. Semua ada di pundak kita,” tuturnya Yasonna.

Menteri Yasonna Minta Tim Antipungli Kemenkumham Lebih Galak

Maka untuk memerangi tindakan pungli tersebut, Yasonna telah membentuk tim UPP yang dipimpin Inspektur Jenderal (Irjen) Kemenkumham Aidir Amin Daud. Adapun tujuan Rapat Koordinasi UPP adalah memetakan titik rawan pungli yang terjadi di Kemenkumham.

Bahkan, tim UPP Kemenkumham juga ditugasi memantau pelaksanakan perekrutan CPNS Kemenkumham  2017. "Berikan layanan terbaik pada penerimaan CPNS Kemenkumham tahun ini. Waspadai terhadap adanya ulah para calo tidak bertanggung jawab,” ujar Yasonna berpesan.

Sedangkan Staf Ahli Menkumham bidang Penguatan Reformasi Birokrasi F Haru Tamtomo mengatakan, seluruh jajaran unit kerja Kemenkumham bertekad mewujudkan instansi yang bersih dan terbebas dari segala macam bentuk pungli. “Mari sama-sama kita wujudkan pelayanan masyarakat yang bersih dan terbebas dari segala bentuk pungli,” ucapnya tegas.

Menkumham Yasonna H laoly menyatakan, Presiden Jokowi sudah sering kali menunjukkan keseriusannya dalam memberantas segala praktik pungli.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News