Ini Pesan Menteri Yasonna untuk Memajukan Nias

Ini Pesan Menteri Yasonna untuk Memajukan Nias
Menteri Hukum dan HAM Yasonna H Laoly dalam diskusi panel Musyawarah Daerah III Himpunan Masyarakat Nias Indonesia (HIMNI) Sumatera Utara di Hotel Danau Toba International, Medan, Jumat (15/9). Foto: Kemenkumham

jpnn.com, MEDAN - Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Yasonna Hamonangan Laoly mengharapkan warga keturunan Nias untuk ikut membangun Pulau Nias. Yasonna yang juga berdarah Nias menginginkan pulau di Samudra Hindia yang masuk wilayah Provinsi Sumatera Utara itu makin maju, mandiri dan mampu bersaing.

Yasonna menyampaikan harapan itu dalam diskusi panel Musyawarah Daerah III  Himpunan Masyarakat  Nias Indonesia (HIMNI) Sumatera Utara di Hotel Danau Toba International, Medan, Jumat (15/9). Menurut Yasonna, Nias memiliki banyak potensi yang bisa dimanfaatkan.

”Pulau Nias memiliki beberapa potensi sektor kelautan dan perikanan yang mampu menghasilkan budidaya ikan. Sektor pariwisata yang meliputi wisata alam, wisata sejarah, wisata budaya yang tentu saja bisa menjadi primadona jika ditangani dan dikembangkan dengan baik,” ujarnya.

Bahkan, Yasonna meyakini pariwisata bisa mendatangkan uang ke Nias. Jika pariwisata Nias dipoles dan dibenahi, sambungnya, maka wisatawan domestik ataupun mancanegara bisa datang dan membelanjakan uang mereka di pulau yang terdiri dari empat kabupaten dan satu kota itu.

“Apabila terjadi pergerakan ekonomi yang luar biasa di daerah Nias, khususnya pada sektor riil akan hidup.  Ini yang disebut dengan multiplier effect,” tuturnya.

Yasonna menambahkan, Nias juga punya potensi yang sering luput dari perhatian, yakni peternakan babi. Dia meyakini jika warga menyeriusi pengembangbiakan ternak babi, maka Nias bisa menhadi penghasil komoditas babi terbesar di Indonesia.

“Nias akan mempunyai nilai ekonomis yang tinggi, sehingga mampu meningkatkan kesejahteraan rakyat dan mengangkat derajat kualitas kehidupan di Nias,” ucapnya.

Yasonna juga memberi saran ke HIMNI dalam rangka mempercepat pembangunan di Nias. Menurutnya, harus ada mindset di masyarakat, pemerintah dan swasta tentang pentingnya bersinergi guna membangun peradaban yang mandiri. 

Menkumham Yasonna H Laoly menyatakan, Pulau Nias memiliki banyak potensi yang bisa dimanfaatkan. Karena itu, dia mendorong Nias bisa makin maju dan mandiri.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News