Senin, 21 Mei 2018 – 08:09 WIB

Menu Buka Puasa Sehat ala Chef Ganteng

Kamis, 17 Mei 2018 – 19:06 WIB
Menu Buka Puasa Sehat ala Chef Ganteng - JPNN.COM

jpnn.com - CHEF Edwin Lau sudah menyiapkan tips menu buka puasa dan sahur khusus bagi umat muslim yang akan menunai ibadah puasa selama sebulan penuh.

Tentu saja, chef yang satu ini selalu mengutamakan nilai gizi dan sehat dari menu yang disarankannya untuk warganet. (flo/jpnn)

Melalui akunnya @chefedwinlau di Instagram, chef tampan ini berbagi tips tersebut:

1. Tabung Lemak Sehat

Ber-Ketogeniklah supaya tubuh anda bisa memanfaatkan lemak sebagai sumber energi utama. Lemak merupakan sumber energi yang paling berlimpah di tubuh anda dan dicerna sangat lambat sehingga tidak meningkatkan gula darah dan bisa memberi pasokan energi yang stabil. Modifikasikanlah diet anda menjadi lebih kaya akan lemak sehat (alpukat, chia, extra virgin olive oil, vco, zaitun, almond), moderate protein (ikan laut, ayam kampung, lean meats, putih telur, tempe organik, biji-bijian), dan rendah karbohidrat/gula (gantikan nasi/mie/roti dengan lebih banyak sayuran). 

2. Pilih buah-buahan alami ketimbang produk olahan tinggi gula


Buah mengandung serat, dan serat sangat penting untuk kesehatan pencernaan anda. Semakin sehat pencernaan, maka semakin sehat imunitas anda. Pilihlah buah dengan warna pekat dan gelap serta konsumsilah sebagai pengganti minuman/makanan bergula tinggi (termasuk nasi) dan konsumsilah kapanpun apabila anda memilih untuk tidak ber-ketogenik.

3. Tambah Suplemen

Oleh karena pasokan nutrisi penting kerap hilang saat berpuasa, suplementasikan diet anda dengan tambahan vitamin-mineral, susu protein tinggi, maupun bantuan enzim pencerna bagi anda yg menderita penyakit maag. Usahakan untuk mengonsumsi makanan tinggi gizi dan perkecil porsi makan anda per kali makannya dengan frekuensi makan yang lebih tinggi untuk meningkatkan penyerapan nutrisi ke tubuh. Minum air kelapa sebagai selingan air putih anda untuk menambah kalium agar tidak mudah dehidrasi / keram otot.

4. Wajib Sahur

Perkaya makanan sahur anda dengan sumber lemak dan protein tinggi agar gula darah bisa lebih stabil serta otot tidak mudah katabolik. Selalu selesaikan dengan jus alpukat murni agar lambung tidak mudah iritasi saat berpuasa seharian. Jus tersebut bisa ditambahkan santan, vco, atau chia.

5. Olahragalah!

Jika anda sempat, olahragalah sebelum waktunya berbuka dengan intensitas sedang. Jika masih bekerja, olahragalah setelah berbuka puasa terutama latihan angkat beban agar otot tidak menyusut drastis.

SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar