Menuai Rezeki Mangrove

Menuai Rezeki Mangrove
Ali Mansyur. Foto: ist

jpnn.com - “Cintailah Tanaman. Dia akan bertasbih mendoakanmu,” kata Haji Ali Mansyur. Hidupnya berkecukupan setelah berpuluh tahun merawat Mangrove. Menginspirasi pelestarian lingkungan di kawasan pesisir.

 

Dia lebih senang berkaos dan bersarung. Kakinya lebih sering telanjang dibandingkan dibungkus  sepatu atau sandal. Sepatu hanya dikenakan di sekolah. Itu pun saat mengajar - profesi yang dilakoninya sejak puluhan tahun lalu.

Baca Juga:

Selama ini, lelaki itu lebih sering wira-wiri memakai motor yang menurutnya lebih praktis. Sesekali, ia juga masih berkeliling desa dengan sepeda ontel tuanya, memungut bibit mangrove untuk memagari pesisir pantai dari hantaman ombak.

Haji Ali Mansyur begitu orang sering menyapanya. Pengabdi lingkungan yang berpuluh tahun membaui mangrove demi penyelamatan pesisir. Autodidak sejati yang sangat mempercayai kearifan alam.

Dia berhasil mengubah desanya. Yang tadinya miskin, menjadi di atas desa lain, baik ekonomi maupun sumber daya manusia. “Kesenjangan terlalu lebar”,ujar Ali Mansyur. Tanah di desa hanya dimiliki oleh segelintir orang. Satu orang bisa memiliki 500-an hektar, sementara lima ratus orang satu meter pun tidak punya.

Kemiskinan pula yang menyebabkannya menghentikan pendidikan SD sampai empat tahun, yang kemudian disambung kembali setelah ada biaya. Putus sambung ini berlanjut di jenjang berikutnya. Alhasil, Mansyur baru bisa mengikuti pendidikan SMA pada umur 25 tahun, sampai akhirnya berhasil meraih sarjana Tarbiyah.

Pahit getir mengakses pendidikan, merangsangnya untuk aktif di bidang pendidikan di pondok pesantren Manbail Futhu sehingga disegani sampai sekarang. Suasana serba kekurangan tak membuatnya harus mengadu nasib di tempat lain, namun menyemangatinya untuk mengembangkan desa kelahirannya.

“Cintailah Tanaman. Dia akan bertasbih mendoakanmu,” kata Haji Ali Mansyur. Hidupnya berkecukupan setelah berpuluh tahun merawat Mangrove.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News