Menuju Generasi Bebas Stunting, Periksa Kesehatan Sebelum Dipersunting!

Menuju Generasi Bebas Stunting, Periksa Kesehatan Sebelum Dipersunting!
Kementerian Kominfo menggelar forum Kepoin Genbest untuk mengedukasi masyarakat terkait stunting. Foto Kominfo

jpnn.com, BREBES - Kabupaten Brebes masih menjadi salah satu kabupaten dengan angka prevalansi stunting yang tinggi, atau di atas 20 persen.

Untuk mempercepat penurunan angka stunting, pemerintah mengimbau agar calon pengantin memeriksakan kesehatan sebelum menikah.

“Kami mengimbau agar remaja putri sebelum dipersunting laki-laki harus melakukan cek kesehatan, termasuk juga bagi calon suaminya. Agar bisa memberikan keturunan yang sehat,” ujar Direktur Informasi dan Komunikasi Pembangunan Manusia Kebudayaan, Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika Wiryanta.

Dalam Webinar Kepoin Genbest: Periksa Kesehatan Sebelum Dipersunting, Untuk Generasi Bebas Stunting, di Kabupaten Brebes, Kamis (24/3), hadir Koordinator Pengembangan Komunikasi Informasi dan Edukasi Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Fabiola Tazrina Tazir dan Ketua Indonesia Sport Nutritionist Assosiation (ISNA), Rita Ramayulis.

Fabiola menegaskan dalam program BKKBN, usia ideal untuk menikah adalah 21 tahun untuk putri dan 25 tahun untuk putra.

“Kami punya aplikasi website siapnikah.org. Di situ bisa tes udah siap belum saya, karena bukan hanya kesiapan fisik harus ada persiapan mental, psikologi, serta sosial. Apakah kita siap (juga) secara finansial karena itu juga akan menjadi penting pada saat menikah,” jelasnya.

Sedangkan, Rita mengingatkan gaya hidup masyarakat saat ini ternyata cukup memengaruhi kesiapan fisik untuk menghasilkan keturunan yang baik ketika menikah.

“Karena tujuan menikah salah satunya punya keturunan. Tentu harapannya mendapatkan keturunan yang berkualitas. Dalam hal ini perilaku hidup sehat harus dijaga oleh seseorang yang akan dipersunting dan yang akan mempersunting,” katanya.

Untuk mempercepat penurunan angka stunting, pemerintah mengimbau agar calon pengantin memeriksakan kesehatan sebelum menikah.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News