Menuju Ibu Kota Nusantara yang Berkelanjutan, Kominfo Gelar Temu Netizen

Menuju Ibu Kota Nusantara yang Berkelanjutan, Kominfo Gelar Temu Netizen
Beginilah penampakan Ibu kota Nusantara nantinya bila semua sudah selesai. (Foto: IKN)

jpnn.com, BALIKPAPAN - Direktorat Informasi dan Komunikasi Perekonomian dan Maritim, Direktorat Jenderal Informasi Publik, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) mengadakan dialog dan diskusi bertajuk Temu Netizen dengan tema 'Menuju Ibu Kota Nusantara yang Berkelanjutan: Inovasi dan Tantangan' di Balikpapan, Kalimantan Timur.

“Kami akan membangun IKN yang benar-benar menunjukkan kebesaran bangsa Indonesia, mencerminkan identitas nasional, menjamin keberlanjutan sosial, ekonomi, dan lingkungan, mewujudkan kota hutan, smart city, kota modern, dan berkelanjutan, serta memiliki standar internasional," ujar Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik yang diwakili Direktur Informasi dan Komunikasi Perekonomian dan Maritim, Kemenkominfo, Septriana Tangkary.

Septriana menegaskan semua pihak berperan penuh dalam pembangunan IKN, termasuk Kemenkominfo yang berperan aktif dalam infrastruktur digital dengan mengembangkan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) dan juga dalam penyediaan Pusat Data Nasional (PDN).

Deputi Bidang Sosial Budaya dan Pemberdayaan Masyarakat Otorita IKN, Alimuddin menambahkan pemilik IKN di masa mendatang adalah generasi-generasi muda.

Untuk itu, tugas pemerintah saat ini adalah meletakkan pondasi awal untuk pembangunan IKN.

“Salah satu langkah adalah membangun sistem pendidikan berbasis pada kehidupan untuk mempersiapkan generasi emas di 2045,” jelasnya.

Pembangunan IKN juga tidak hanya berupa pembangunan infrastruktur dan ekonomi, tetapi juga pembangunan kebudayaan, lingkungan, dan pendidikan yang berkelanjutan.

IKN akan menjadi satu-satunya ibu kota negara di dunia yang mengusung unsur forest.

Pemindahan ibu kota ke IKN tidak hanya untuk memindahkan secara fisik pusat pemerintahan namun juga membangun kota pintar atau smart city.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News