Menurut Fariz RM, Ismail Marzuki itu...

Menurut Fariz RM, Ismail Marzuki itu...
Ismail Marzuki. Foto: Public Domain.

jpnn.com - LAGU-LAGU Ismail Marzuki menceritakan keadaan yang sesungguhnya terjadi di zaman perang kemerdekaan Indonesia. "Ismail berhasil menangkap kesaksian pandangannya," kata Roestam Moenaf, kepada anaknya; Fariz RM.  

Wenri Wanhar - Jawa Pos National Network

Roestam Moenaf dan Fariz RM duduk di depan televisi. Mereka tinggal di Jalan Irian, Menteng, Jakarta Pusat. 

Hari itu, "saya berdua dengan beliau nonton televisi yang sedang menayangkan kilas balik peristiwa epik kepahlawanan pemuda Indonesia dalam potongan film dokumenter dalam rangka Hari Pahlawan," kenang Fariz.  

Roestam Moenaf pak bos perusahaan Indomarine. Semasa riuh rendah revolusi kemerdekaan Indonesia, ia menjabat staf ahli TB Simatupang, petinggi militer pada awal Indonesia merdeka.

Sebagai pelaku dan saksi sejarah, tentulah ia menaruh minat pada film dokumenter tentang epik kepahlawanan pemuda tersebut. 

Sejurus kemudian, mengalun lagu Gugur Bunga karya Ismail Marzuki. Soundtrack film itu. 

"Tiba-tiba," kenang Fariz, "ayah saya berucap: Ismail berhasil menangkap kesaksian pandangannya. Memang, perjuangan anak-anak muda yang luar biasa nekad dan berani saat peristiwa agresi Belanda sungguh mengenaskan hati."

LAGU-LAGU Ismail Marzuki menceritakan keadaan yang sesungguhnya terjadi di zaman perang kemerdekaan Indonesia. "Ismail berhasil menangkap kesaksian

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News