Menyaksikan Penandatanganan MoU Mitra Usaha dan Perbankan, Begini Kata Mentan

Menyaksikan Penandatanganan MoU Mitra Usaha dan Perbankan, Begini Kata Mentan
Mentan SYL berharap perbankan akan mempercepat resonansi dan penguatan petani milenial. Foto: Kementan

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Pertanian (Kementan) terus bergerak untuk mencetak petani muda melalui wadah Duta Petani Milenial/Duta Petani Andalan (DPM/DPA).

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) berharap dukungan penuh Kementan dan penandatanganan kerja sama antara petani milenial dengan mitra usaha dan perbankan akan mempercepat resonansi dan penguatan.

Di samping itu mendorong regenerasi petani milenial yang adaptif terhadap teknologi, mendorong peningkatan produktivitas hasil pertanian yang terstandarisasi, modern, dan marketable.

“ Hari ini saya bersama jajaran Kementan dan Wakil Bupati Cianjur mencoba memastikan petani muda kita betul-betul beraktivitas dilapangan dengan support dari berbagai pihak termasuk dari BUMN, Bank Indonesia dan Telkom dengan sentuhan teknologi digital, “ ujar Mentan

Pertumbuhan petani milenial harus terus didorong secara masif dengan mengoptimalkan peran mereka untuk memacu sektor pertanian semakin melesat hebat.

SYL mengatakan penguatan peran petani milenial di seluruh Indonesia dimaksudkan untuk mengkoordinasikan informasi dan program-program pembangunan di setiap kabupaten dengan cepat.

"Petani milenial berperan penting dalam mendorong pengembangan jejaring usaha di wilayahnya. Saat ini telah terdata lebih dari 2.000 petani milenial yang tersebar di seluruh provinsi di Indonesia," kata Mentan SYL pada acara 'Dukungan Kementerian Pertanian Bagi Petani Milenial' Desa Cipendawa, Kecamatan Pacet, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Kamis(9/9).

Menurut Mentan petani milenial saat ini tidak hanya berproduksi di ladang dan menghasilkan varietas baru tetapi juga sudah mampu melakukan pemasaran produk dengan baik serta mempersiapkan market yang terkoneksi secara digital bahkan menembus pasar ekspor.

Mentan SYL berharap dengan dukungan penuh lembaganya dan penandatanganan kerja sama antara petani milenial dengan mitra usaha dan perbankan akan mempercepat resonansi dan penguatan petani milenial

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News