Menyimpan Misteri

Oleh: Dahlan Iskan

Menyimpan Misteri
Dahlan Iskan (Disway). Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com - WANITA terkaya Vietnam ini sedang diadili: Truong My Lan. Dia dituduh korupsi sebesar –tarik napas– USD 12,3 miliar. Setara dengan lebih Rp 170 triliun.

Umurnya 67 tahun. Suaminya orang Hong Kong. Juga pengusaha. Anaknya dua orang: perempuan semua.

Menyimpan Misteri

Baca Juga:

Di Indonesia juga sudah banyak yang diadili dengan nilai dakwaan korupsi bertriliun-triliun rupiah, tetapi yang terbesar "baru" Rp 29 triliun. Jiwasraya itu. Dijatuhi hukuman seumur hidup itu.

Yang di Vietnam ini lebih Rp 170 triliun. Padahal, PDB Vietnam kurang dari sepertiga Indonesia.

Pertumbuhan ekonomi yang tinggi selalu diganggu skandal. Pun di tahun 1975-an: skandal Pertamina. Nilainya: USD 10,5 miliar. Ternyata tidak jauh dari yang terjadi di Vietnam hampir 50 tahun kemudian.

Baca Juga:

Skandal Pertamina itu, kalau sekarang, juga setara dengan Rp 150 triliun. Bedanya: hukuman bagi Ibnu Sutowo saat itu hanya diberhentikan sebagai dirut Pertamina.

Truong My Lan diperkirakan akan dijatuhi hukuman mati. Rakyat Vietnam marah: diam-diam. Mereka tidak berani bersuara. Pemerintahan komunis Vietnam membungkam mereka.

WANITA terkaya Vietnam ini sedang diadili: Truong My Lan. Dia dituduh korupsi sebesar –tarik napas– USD 12,3 miliar. Setara dengan lebih Rp 170 triliun.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News