Menyusul Jokowi, Ridwan Kamil Akan Pindahkan Ibu Kota Jabar

Menyusul Jokowi, Ridwan Kamil Akan Pindahkan Ibu Kota Jabar
Gubernur Jabar Ridwan Kamil. Foto: Dok. Humas Pemprov Jabar

jpnn.com, BANDUNG - Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil mengatakan, saat ini Pemprov Jabar sedang mengkaji rencana pemindahan Ibu Kota Provinsi Jawa Barat dari Kota Bandung ke tempat lain.

Kajian tersebut sudah masuk dalam Perda tentang Perubahan atas Perda Jabar Nomor 22 tahun 2010 tentang RTRW Jabar tahun 2009-2029.

"Jadi di dalam Segitiga Rebana (Cirebon-Patimban-Kertajati) sudah masukkan, penataan jalur transporasi sudah masuk," kata Emil -sapaan Ridwan Kamil- di Bandung, Kamis (29/8).

Menurut dia, di dalam revisi tersebut termasuk persetujuan wacana perpindahan pusat pemerintahan yang akan dikaji lebih lanjut oleh Pemprov Jabar dalam waktu tak terlalu lama.

"(Lokasi pemindahan Ibu Kota Provinsi Jabar) itu ada di Tegalluar, Walini, atau Segitiga Rebana juga, karena pada dasarnya secara fisik Kota Bandung sama seperti Jakarta, sudah tidak cocok lagi melayani pusat pemerintahan," kata dia.

BACA JUGA: Bertemu Jokowi, Ridwan Kamil Minta Perencanaan Ibu Kota Baru Dikaji Ulang

Lebih lanjut Emil mengatakan, masih terpisah-pisahnya kantor pemerintahan Pemprov Jawa Barat di berbagao lokasi di Kota Bandung membuat roda pemerintahan tidak produktif.

Selain itu, pihaknya menargetkan kajian tentang pemindahan Ibu Kota Provinsi Jabar ini bisa dilakukan dalam enam bulan ke depan.

Emil menargetkan kajian tentang pemindahan Ibu Kota Provinsi Jabar bisa dilakukan dalam enam bulan ke depan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News