Menyusuri Kampung Sodong, Tempat Pembantaian di Video Mesuji

Lewat Sungai 2 Jam, Jalur Darat 4 Jam

Menyusuri Kampung Sodong, Tempat Pembantaian di Video Mesuji
Warga kampung Sri Tanjung saat mengumpulkan proyektil peluru di divisi 2 PT BSMI Barat Selatan Makmur Investindo Lampung. Foto : Raka Denny/JAWAPOS
Kampung Sodong menjadi perbincangan seiring mencuatnya video pembantaian warga dalam kasus sengketa dengan perusahaan perkebunan. Seperti apa kondisi di kampung tertua di Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) tersebut?

 

  GUNAWAN SUTANTO, Mesuji
 

ADA dua cara untuk masuk Kampung Sodong. Yakni, lewat jalur darat dan sungai. Jalur darat hanya bisa dilakukan via Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI). Wilayah itu berbatasan langsung dengan Kabupaten Mesuji, Lampung.

Nah, pilihan kedua adalah menyeberangi Sungai Mesuji yang membelah Kabupaten Mesuji dan Kecamatan Mesuji, Kabupaten OKI. Karena nama yang sama, orang-orang lantas menyamakan dua daerah tersebut.

 

Dua daerah itu dulu masuk satu wilayah administratif. Yakni, Provinsi Sumatera Bagian Selatan (Sumbagsel). Setelah ada pemekaran, wilayah Mesuji sisi utara sungai, termasuk Sungai Sodong, masuk bagian Sumatera Selatan (Sumsel). Sedangkan Mesuji sisi selatan masuk Lampung.

Kampung Sodong menjadi perbincangan seiring mencuatnya video pembantaian warga dalam kasus sengketa dengan perusahaan perkebunan. Seperti apa kondisi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News