Meraih Adipura, Pemkab Situbondo Mengusulkan Petugas Kebersihan Masuk Rekrutmen PPPK

Meraih Adipura, Pemkab Situbondo Mengusulkan Petugas Kebersihan Masuk Rekrutmen PPPK
Bupati Situbondo Karna Suswandi dan Wabup Nyai Khoirani foto bersama dengan petugas kebersihan usai menyerahkan sembako dna uang tunai di Pendopo Kabupaten Situbondo. Senin (6/3/2023) ANTARA/HO-Humas Pemkab Situbondo

jpnn.com - SITUBONDO - Pemerintah Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, menerima penghargaan Adipura Kategori Kota Kecil dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) atas kinerja dalam kebersihan kota, pengelolaan sampah dan ruang terbuka hijau (RTH) kota 2022.

Pemkab Situbondo pun mengusulkan honorer petugas kebersihan dan pemeliharaan taman agar masuk dalam rekrutmen pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) sebagai bentuk apresiasi kinerja sehingga kabupaten itu dapat meraih Adipura 2022. 

Bupati Situbondo Karna Suswandi mengaku telah meminta kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Situbondo agar membuat surat usulan ke Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) untuk petugas kebersihan masuk dalam rekrutmen PPPK.

"Karena mereka memiliki kontribusi menjaga kebersihan dan keindahan kota. Pak Kepala BKPSDM, tolong buatkan surat ke KementerianPAN-RB bagaimana petugas kebersihan dan pemeliharaan taman masuk dalam rekrutmen PPPK," kata Karna dalam sambutannya seusai memberikan paket sembako dan uang tunai kepada 524 petugas kebersihan di Pendopo Kabupaten Situbondo, Senin (6/3).

Dia berharap petugas kebersihan dan pemelihara taman terus meningkatkan kinerja menjaga kebersihan di lingkungan, sehingga Kabupaten Situbondo kembali meraih  Adipura pada 2023.

"Jangan sampai ketika diusulkan masuk rekrutmen PPPK tidak dapat Adipura, usulannya nanti bisa tidak diterima oleh KementerianPAN-RB," katanya di hadapan petugas kebersihan.

Selain itu,  Karna juga bakal mengalokasikan anggaran untuk uang lembur bagi ratusan petugas kebersihan dan pemelihara taman tersebut pada Perubahan Anggaran Keuangan (PAK) tahun ini. "Saya pastikan tahun 2023 di PAK uang lembur untuk 524 petugas kebersihan dan pemelihara taman sudah masuk di dalam APBD," katanya.

Karna juga berencana menaikkan honor petugas kebersihan dan pemelihara taman pada tahun anggaran 2024.

Pemkab Situbondo mengusulkan honorer petugas kebersihan dan pemeliharaan taman agar masuk dalam rekrutmen PPPK.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News