Merasa Dirugikan, BUMN Ogah Lepas Lahan Eks HGU PTPN II

Merasa Dirugikan, BUMN Ogah Lepas Lahan Eks HGU PTPN II
Merasa Dirugikan, BUMN Ogah Lepas Lahan Eks HGU PTPN II
JAKARTA - Mulai terkuak alasan mengapa Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) belum mau melepaskan sejumlah lahan eks HGU PTPN II, yang kerap memicu konflik. Terakhir, bentrok warga dengan karyawan PTPN 2 di Kecamatan Kutalimbaru, Selasa (24/5) lalu.

Kementerian yang kini dipimpin Dahlan Iskan itu menilai, pemetaan lahan yang dilakukan oleh tim yang dibentuk Plt Gubernur Sumut Gatot Pujo Nugroho, yang melibatkan instansi lain seperti BPN Sumut, dianggap belum menyelesaikan masalah.

Deputi Bidang Usaha Industri Primer Kementerian BUMN, Muhammad Zamkani, secara khusus kepada JPNN menjelaskan, pemetaan oleh Tim Khusus bentukan Gatot itu memasukkan sejumlah sejumlah lahan yang nyata-nyata masih diduduki warga tapi diusulkan untuk diperpanjang HGU-nya untuk PTPN.

"Sementara, ada lahan yang masih ada pohon-pohonnya, yang masih ada tanaman produktifnya (milik PTPNII, red), malah tak diusulkan untuk diperpanjang," ujar Muhammad Zamkani, kemarin (28/5).

JAKARTA - Mulai terkuak alasan mengapa Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) belum mau melepaskan sejumlah lahan eks HGU PTPN II, yang kerap

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News