Merdeka Innovation Summit 2023: Kemendikbudristek Dorong Inovasi Indonesia ke Level Internasional

Merdeka Innovation Summit 2023: Kemendikbudristek Dorong Inovasi Indonesia ke Level Internasional
Konferensi pers Merdeka Innovation Summit 2023 dalam menyongsong visi Indonesia Emas 2045, di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Kamis (16/11). Foto: Ryana Aryadita/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi Kemendikbudristek RI, Nizam mengatakan Indonesia terus mendorong kolaborasi inovasi tak hanya level nasional, tetapi internasional.

Salah satunya adalah dengan menggelar Merdeka Innovation Summit 2023 dalam menyongsong visi Indonesia Emas 2045 pada 16-17 November 2023.

“Berfokus pada peningkatan pembangunan manusia, penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi, pertumbuhan ekonomi berkelanjutan, serta keadilan dalam pengembangan dan peningkatan ketahanan nasional, dan tata kelola,” ucap Nizam, dalam konferensi pers di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Kamis (16/11).

Program ini merupakan kerja sama antara Kemendikbudristek dengan Kedaireka.

Menurut dia, pada 2023, Indonesia meraih peringkat ke-5 dari 132 negara dalam Indeks Inovasi Global untuk kolaborasi riset dan pengembangan antara universitas dan industri, mencerminkan pertumbuhan dan dampak signifikan dalam inovasi di Indonesia.

Sementara itu, Ketua Pelaksana Merdeka Innovation Summit Achmad Adhitya menuturkan acara itu berperan sebagai platform untuk menyoroti peran krusial yang dimainkan oleh setiap pemangku kepentingan dalam mendorong inovasi dan menciptakan solusi.

“Tema utama acara, "Knowledge-Powered Economic Resilience through Innovation,"mencerminkan semangat kolektif Indonesia dalam mewujudkan visi besar,” kata dia.

Tujuan utama dari summit ini adalah mendorong kolaborasi inovasi yang revolusioner, oleh karena itu kami juga hadirkan pakar-pakar inovasi terbaik mancanegara.

Kemendikbudristek mendorong kolaborasi inovasi tak hanya level nasional, tetapi internasional.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News