Mereda setelah Saling Serang, Pengungsi Pulang

Mereda setelah Saling Serang, Pengungsi Pulang
Mereda setelah Saling Serang, Pengungsi Pulang
BANGKOK - Situasi di perbatasan Thailand-Kamboja dilaporkan mulai stabil lagi. Kesempatan itu digunakan penduduk setempat yang sudah sepekan terakhir mengungsi kembali ke tempat tinggal mereka.

Kontak senjata terjadi beberapa kali pada Sabtu malam (30/4) hingga dini hari kemarin (1/5). Militer kedua negara saling serang dengan menggunakan granat dan mortar. Dalam insiden tersebut, seorang tentara Thailand tewas. "Namun, ketegangan mereda setelah insiden itu," terang Juru Bicara Kementerian Pertahanan Kamboja Chhum Socheat.

Kedua negara bertetangga tersebut saling serang terkait wilayah hutan di perbatasan dimana Kuil Preah Vihear berada. Konflik perbatasan itu terjadi selama bertahun-tahun dan mengakibatkan lebih 85 ribu penduduk kedua negara mengungsi untuk menghindari peperangan.

Begitu bentrokan senjata mulai mereda di perbatasan, sekitar 37 ribu warga sipil Kamboja yang sebelumnya mengungsi mulai kembali ke rumah mereka. "Situasi mulai tenang. Sekitar 10-15 persen pengungsi mulai pulang," terang Nhim Vanda, wakil presiden Komite Nasional Penanggulangan Bencana Nasional Kamboja.

BANGKOK - Situasi di perbatasan Thailand-Kamboja dilaporkan mulai stabil lagi. Kesempatan itu digunakan penduduk setempat yang sudah sepekan terakhir

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News