Merespons Perubahan Zaman, Perguruan Tinggi Harus Inovatif

Merespons Perubahan Zaman, Perguruan Tinggi Harus Inovatif
Presiden Jokowi. Foto: Biro Pers Setpres

jpnn.com, JAKARTA - Era Revolusi Industri 4.0 ini sudah berlangsung dan harus diantisipasi secara serius. Perubahan zaman juga akan memengaruhi lanskap ekonomi, sosial, politik, dan budaya.

Karenanya, Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) mengimbau agar agenda penelitian, kurikulum, metode pendidikan, cara organisasi, kompetensi SDM juga harus mengalami perubahan.

"Inovasi adalah kunci dalam merespons perubahan zaman. Untuk itu cara kerja perguruan tinggi harus inovatif dengan mengembangkan cara-cara baru. Tidak ada pilihan lain jika ingin Indonesia maju, semua harus melakukan perubahan. Perubahan pola pikir, cara kerja, model organisasi, produktivitas, disiplin nasional, inovasi. Semua harus berubah,” ucap Jokowi pada Sidang Senat Terbuka Dies Natalis Universitas Indonesia (UI) ke-68 di Balairung UI, Depok, Jawa Barat, Jumat (2/2).

Jokowi menambahkan keinginan mahasiswa dan dosen untuk berinovasi harus terus ditumbuhkan. Kreasi-kreasi baru harus difasilitasi dan dikembangkan. Untuk menunjang hal tersebut dibutuhkan fasilitas pendukung kampus dalam mendorong inovasi.

“Perguruan tinggi bisa menyediakan semacam co working space dan creative hub agar inovasi dan kreasi baru bisa dibiayai dan diapresiasi. Selain itu, para inovator perlu dijejaringkan serta produk riset dipublikasikan dan dihilirkan," bebernya.

Presiden mengharapkan pendidikan tinggi menjadi penopang ekosistem nasional dalam menanggapi perubahan revolusi industri 4.0. Dia meyakini pendidikan tinggi merupakan organisasi yang paling sempurna sebagai rujukan reformasi.

"Pendidikan tinggi adalah organisasi yang paling responsif dan fleksibel dalam menanggapi perubahan zaman. Saya yakin SDM pendidikan tinggi adalah SDM paling terbuka dan antisipatif menatap masa depan,” tandasnya.

Pada kesempatan sama, presiden didampingi Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir meresmikan Forum Kebangsaan UI. Rektor UI Muhamad Anis mengatakan forum ini merupakan wadah beranggotakan para akademisi, ahli kepakaran serta guru-guru besar UI yang di dalamnya akan membahas isu-isu strategis bangsa.

Inovasi adalah kunci dalam merespons perubahan zaman. Untuk itu cara kerja perguruan tinggi harus inovatif dengan mengembangkan cara-cara baru.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News