Sabtu, 22 September 2018 – 14:10 WIB

Merokok Picu Tekanan Darah Tinggi

Sabtu, 14 Juli 2018 – 04:44 WIB
Merokok Picu Tekanan Darah Tinggi - JPNN.COM

jpnn.com - Merokok terbukti bisa menyebabkan berbagai gangguan kesehatan bagi tubuh, baik jangka pendek maupun panjang.

Menurut American Lung Association, rokok mengandung sekitar 600 jenis zat yang jika dibakar akan menghasilkan lebih dari 7.000 zat kimia.

Banyak dari zat kimia tersebut beracun dan membahayakan tubuh. Selain mengancam paru-paru, rokok juga ternyata bisa memicu tekanan darah tinggi.

Ya, kebanyakan orang memang lebih familiar dengan efek buruk merokok bagi organ paru. Kebiasaan merokok bisa mengakibatkan kerusakan sel-sel paru dan menimbulkan serangkaian penyakit.

Namun, sebenarnya merokok juga bisa menimbulkan kerusakan jaringan di beberapa sistem organ tubuh, termasuk sistem kardiovaskular atau dikenal juga dengan sistem peredaran darah.

Sistem kardiovaskular ini terdiri dari jantung, pembuluh darah, dan komponen darah itu sendiri. Jika ada masalah di salah satu bagian tersebut, tentu bisa mengganggu fungsi sistem kardiovaskular.

Bagaimana kandungan dalam rokok memicu tekanan darah tinggi?

Nikotin di dalam rokok bisa menyebabkan peningkatan tekanan darah dan frekuensi denyut jantung. Nikotin yang masuk ke dalam tubuh akan memberi sinyal pada otak untuk melepaskan hormon adrenalin.

SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar