Cara Terbaik Turunkan Tekanan Darah Tinggi Tanpa Obat

Cara Terbaik Turunkan Tekanan Darah Tinggi Tanpa Obat
Tekanan darah tinggi. Foto: Pixabay

jpnn.com - Bagi Anda penderita tekanan darah tinggi, mungkin minum obat bisa membantu membuat merasa lebih tenang. Meski begitu, ada kalanya muncul pemikiran Anda lelah mengonsumsi obat dan ingin meminimalkan kebiasaan tersebut.

Dilansir dari Healthline, sebuah riset yang dikembangkan oleh Alfredo Mejia selaku profesor Universitas Andrews di Michigan, menyebut bahwa tekanan darah tinggi atau hipertensi bisa diturunkan tanpa obat alias dengan cara yang alami.

Mejia mempresentasikan temuannya pada sebuah forum yang digelar American Society for Nutrition di Boston. Program tersebut dilakukan dengan cara mengikuti pola makan vegan, terutama dengan bahan nabati seperti buah-buahan, sayuran, dan kacang.

Selain diet, peserta diharuskan menjalani olahraga teratur, minum air putih dalam jumlah cukup, dan tidur malam yang nyenyak. Cara ini telah dicoba dalam sebuah penelitian dan hasilnya bagus.

Penurunan tekanan darah tinggi secara alami

Penelitian Meija dan rekan lembaganya melibatkan 117 orang dengan tekanan darah tinggi. Partisipan dilibatkan selama 14 hari dan mesti menjalani serangkaian aktivitas tertentu.

Pada akhir periode penelitian, setengah dari peserta telah menurunkan tekanan darah mereka ke tingkat yang direkomendasikan. Sementara itu, peserta lain masih berjuang mencapai tekanan darah yang lebih rendah.

Hasil ini setara dengan efek obat tekanan darah standar. Secara keseluruhan, 93 persen dari peserta mampu mengurangi dosis mereka atau menghilangkan obat sepenuhnya.

Profesor Universitas Andrews di Michigan, menyebut bahwa tekanan darah tinggi atau hipertensi bisa diturunkan tanpa obat alias dengan cara yang alami.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News