Mervin Siap Menggantikan OSO Sebagai Pimpinan MPR RI

Mervin Siap Menggantikan OSO Sebagai Pimpinan MPR RI
Anggota Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia (MPR RI), Mervin Sadipun Komber. Foto: Dok. JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Setelah Oesman Sapta Odang (OSO) mundur dari jabatan Wakil Ketua MPR RI, maka otomatis kursi itu tetap akan diisi oleh unsur DPD RI. Tapi, siapa sosok yang pas untuk menggantikan OSO tersebut, DPD RI masih akan dibahas dalam musyawarah internal.

“Kami di internal DPD masih membahas siapa calon yang tepat untuk duduk di kursi Wakil Ketua MPR pengganti Pak OSO. Masih digodok. Kami berharap dari yang terbaik. Kami punya stok cukup banyak misalnya di pimpinan Alat Kelengkapan DPD RI,” tegas Wakil Ketua DPD RI Nono Sampono di Kompleks Parlemen, Senayan Jakarta, belum lama ini.

Alat Kelengkapan Dewan DPD RI terdiri dari ketua ketua Komite, ketua Badan Kehormatan dan ketua PPUU. Namun, Nono mengaku belum bisa membocorkan tentang siapa sosok tersebut.

Sementara itu, beberapa nama yang disebut-sebut selama ini adalah Ketua Komite I DPD RI Akhmad Muqowam. Selain itu ada nama Mervin Sadipun Komber, Ketua Badan Kehormatan DPD RI dan ada juga Gede Pasek Suardika, ketua PPUU DPD RI.

Saat dikonfirmasi, Mervin Sadipun Komber menyatakan siap jika dipilih sebagai wakil ketua MPR RI.

Mervin menyatakan suatu kehormatan jika putra Papua diberi kesempatan memimpin MPR RI.

“Sebab belum pernah putra Papua menduduki jabatan pimpinan lembaga tinggi negara,” ujar Senator yang terkenal dengan julukan Sang Cenderawasih.

"Banyak agenda Tanah Papua yang harus diselesaikan dan jika terpilih sebagai Pimpinan MPR RI, saya akan berusaha menjembatani Rakyat Papua dengan Pemerintah Pusat terutama beberapa isu krusial seperti dialog, pemekaran, evaluasi otsus dan revisi otsus,” ujar alumni UNIVERSITAS Cenderawasih ini.

Beberapa nama yang sebut akan mengganti OSO sebagai Wakil Ketua MPR antara lain Akhmad Muqowam, Mervin Sadipun Komber, dan Gede Pasek Suardika.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News