Mesir Pasang Sensor di Perbatasan

Untuk Mencegah Hamas Selundupkan Senjata

Mesir Pasang Sensor di Perbatasan
Mesir Pasang Sensor di Perbatasan
KAIRO - Mesir sungguh patuh pada Israel. Desakan negeri Zionis agar mereka menjaga ketat perbatasan dilaksanakan dengan sepenuh hati. Sumber di departemen pertahanan mengatakan Negeri Piramida telah memasang kamera pengintai dan alat sensor di seluruh perbatasan dengan Gaza untuk mencegah Hamas menyelundupkan senjata.

''Kabel-kabel telah dipasang di sepanjang perbatasan Gaza-Mesir untuk mendeteksi bangunan di terowongan-terowongan,'' ujar sumber seperti dilansir harian Israel Haaretz edisi online kemarin (1/2).

Peralatan pemantau itu ditempatkan terutama di terowongan-terowongan yang membelah Gaza dan Mesir di Rafah. Selama ini, tempat itu dicurigai sebagai sumber penyelundupan senjata-senjata Hamas dari sekutunya, Iran. Israel mensyaratkan gencatan senjata jangka panjang hanya bisa terjadi jika saluran penyelundupan senjata ilegal Hamas ditutup dan diawasi ketat. Pemasangan alat pemantau itu atas bantuan Amerika Serikat, Prancis, dan Jerman. Sebelumnya, Amerika berjanji akan mencairkan bantuan senilai USD 32 juta (sekitar Rp 364,7 miliar) untuk semua peralatan pemantau ditambah mendatangkan ahli militer sebagai konsultan.

Agresi 22 hari di Jalur Gaza yang telah menewaskan setidaknya 1.300 warga itu salah satunya bertujuan untuk menghancurkan terowongan-terowongan yang menjadi urat nadi kehidupan warga Gaza. Padahal, sejak Gaza menjadi ''penjara terbuka'' akibat semua perbatasan ditutup rapat, warga mengandalkan terowongan-terowongan itu untuk berinteraksi dengan dunia luar dan membeli berbagai kebutuhan baik makanan dan obat-obatan.

KAIRO - Mesir sungguh patuh pada Israel. Desakan negeri Zionis agar mereka menjaga ketat perbatasan dilaksanakan dengan sepenuh hati. Sumber di departemen

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News