Meski Banyak Musibah, Klaim Pelayanan Jamaah Haji 2015 Meningkat

Meski Banyak Musibah, Klaim Pelayanan Jamaah Haji 2015 Meningkat
Ilustrasi. FOTO: dok/JPG

jpnn.com - JAKARTA – Penyelenggaraan Haji pada tahun ini hampir rampung. Saat ini hanya menyisakan beberapa kloter yang sedang menunggu jadwal kepulangan ke tanah air. Targetnya, pada 25 Oktober ini, seluruh kloter sudah sampai di Indonesia. 

Siapapun pasti menilai bahw ibadah haji tahun ini sangat berat. Sebab, banyak musibah terjadi dan menimpa jamaah haji Indonesia. Tapi, secara umum penyelenggaraan haji yang terkait dengan fasilitas pelayanan jamaah asal Indonesia dinillai banyak mengalami perbaikan.

Kepala Bidang Pengendalian Operasional Haji Kementerian Agama Suratman, memastikan pada aspek fasilitas pelayanan ibadah haji tahun ini semakin membaik. Menurutnya, bukan hanya kualitas kamar yang membuat pelayanan terhadap jamaah haji membaik, tapi termasuk juga pemondokan.

Untuk tahun ini, misalnya, jarak pemondokan di Makkah ke Masjidil Haram, sesuai peraturan, sekitar 4,5 kilometer jarak maksimal. “Dalam realisasinya, pemondokan yang disewa tahun ini maksimal jaraknya hanya berkisar 4,3 kilometer. 

Meskipun tidak melampaui jarak maksimal, jarak tersebut masih terasa jauh, apalagi untuk jamaah yang sudah lansia.

Nah, karenanya, PPIH memberikan layanan bus antar jemput. “Pengukuran jarak dilakukan dari pintu pemondokan sampai titik luar Masjidil Haram yang terdekat dengan pemondokan,” tutur Suratman di Jakarta.

Sementara terkait pemondokan di Madinah, sesuai ketentuan, menurut Suratman, yakni maksimal 1,5 kilometer. “Untuk tahun ini, bahkan di seluruh pemondokan berada di Markaziyah yang jaraknya paling jauh berkisar 500 meter dari Masjid Nabawi,” jelasnya.

Sementara terkait kapasitas kamar bagi jamaah, Suratman memastikan tak terjadi kepadatan. Kata dia, semua telah diatur.  Kamar maksimal diisi dengan delapan tempat tidur dengan perbandingan satu kamar mandi. 

JAKARTA – Penyelenggaraan Haji pada tahun ini hampir rampung. Saat ini hanya menyisakan beberapa kloter yang sedang menunggu jadwal kepulangan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News