Meski Beras Diekspor, Stok Masih Aman

Meski Beras Diekspor, Stok Masih Aman
Meski Beras Diekspor, Stok Masih Aman
JAKARTA--Dirjen Tanaman Pangan Departemen Pertanian, Sutarto Alimoeso mengatakan, berdasar pada angka ramalan (aram) III dimana produk beras naik sebanyak 5,83 persen, maka Indonesia masih bisa dikatakan aman jika melakukan ekspor beras sebanyak 200 ribu – 300 ribu ton, terutama untuk beras premium.

Menurutnya, ekspor beras jenis premium akan lebih mampu bersaing, karena dari sisi harga dapat bersaing dengan beras dari negara lain. “Kalau mendorong ekspor beras medium tidak akan kompetitif,” terang Sutarto di Jakarta, Senin (2/11).

Disebutkan, kelebihan produksi beras tahun 2009 ini sekitar 3,5 juta ton dan pada 2008 produk beras surplus sebanyak 2,3 juta ton. Sehingga total kelebihan produk beras selama dua tahun terakhir mencapai sekitar 5,8 juta ton.

“Selama satu tahun ini memang sangat sulit sekali jika melakukan ekspor beras sebanyak satu juta ton, karena harus memperhitungkan terlebih dahulu kebutuhan di dalam negeri. Namun jika hanya sebanyak 200 ribu – 300 ribu ton, masih aman lah,” seru Sutarto di Jakarta, Senin (2/11).

JAKARTA--Dirjen Tanaman Pangan Departemen Pertanian, Sutarto Alimoeso mengatakan, berdasar pada angka ramalan (aram) III dimana produk beras naik

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News