Meski Disebut Populer, Pak Luhut tidak Pengin Jadi Presiden atau Wapres

Meski Disebut Populer, Pak Luhut tidak Pengin Jadi Presiden atau Wapres
Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan (kedua kiri) dalam peluncuran buku bertajuk "LUHUT: Biografi Luhut Binsar Pandjaitan” di Jakarta, Jumat) 7/10/2022). (ANTARA/Ade Irma Junida)

jpnn.com - JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan (LPB) tidak ingin menjadi presiden atau wakil presiden meskipun dirinya disebut populer. 

“Jadi, saya terima kasih kepada mereka yang telah membantu saya dalam banyak hal sehingga katanya saya populer, tetapi untung saya tidak ingin jadi presiden atau calon wakil presiden, jadi, saya boleh ngomong bebas,” kata Luhut dalam peluncuran buku bertajuk “LUHUT: Biografi Luhut Binsar Pandjaitan” di Jakarta, Jumat, yang digagas adik kandungnya, Nurmala Kartini Pandjaitan Sjahrir.

Luhut menjelaskan buku tersebut bisa menggambarkan sebagian besar perjalanan hidupnya dari masa kecil hingga saat ini di usianya yang sudah menginjak 75 tahun.

Pensiunan TNI berpangkat jenderal itu menegaskan bahwa hidup ini penuh dengan misteri. 

“Saya ingin sampaikan lagi, hidup ini penuh dengan misteri, dan kita harus percaya pada Tuhan, dan Tuhan sudah mengatur hidup kita ini,” ungkapnya. 

Kiprah Luhut sebagai militer dari satuan khusus, pengusaha, pejabat publik, duta besar, menteri hingga menko mengantarkannya didaulat sebagai ujung tombak dalam perang melawan pandemi Covid-19 di Jawa dan Bali.

Sepanjang kariernya di Pemerintahan Jokowi, Luhut banyak mengetuai tim-tim khusus untuk berbagai program, dari kendaraan listrik, belanja produk dalam negeri, hingga penyelamatan danau kritis.

Buku "LUHUT: Biografi Luhut Binsar Pandjaitan yang ditulis Noorca M. Massardi dan diterbitkan Penerbit Buku Kompas (PBK) pada September 2022 menampilkan kesaksian orang-orang terdekatnya, termasuk keluarga dan inner circle-nya.

Pak Luhut Binsar Pandjaitan tidak pengin menjadi presiden atau wapres, meskipun dirinya disebut populer. Luhut menegaskan hidup ini penuh dengan misteri.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News