JPNN.com

Mestinya Dokter Introspeksi, Bukan Demo

Rabu, 27 November 2013 – 17:21 WIB
Mestinya Dokter Introspeksi, Bukan Demo - JPNN.com
Salah seorang pendemo yang tergabung dalam Ikatan Dokter Indonesia (IDI) melakukan Aksi teahterikal mengikat tangan dengan rantai di depan pintu gerbang Mahkamah Agung (MA), Jakarta Pusat, Rabu (27/11). Foto: Ricardo/JPNN.com

JAKARTA - Anggota Komisi IX DPR RI, Okky Asokawati menyayangkan aksi demonstrasi para dokter sebagai bentuk solidaritas terhadap dr Ayu yang divonis bersalah oleh Mahkamah Agung (MA) dalam kasus malpraktik.

Dikatakan Okky, demonstrasi seharusnya dihindari oleh para dokter. Karena menurut Okky, demonstrasi itu justru menimbulkan sikap resistensi dari masyarakat terhadap profesi dokter.

"Demontrasi ini semestinya dihindari. Apalagi, publik membandingkan pelayanan kesehatan saat ini yang dinilai masih belum maksimal. Biaya berobat dan harga obat tidak murah, pelayanan yang dipersulit," kata Okky di Jakarta, Rabu (27/11).

Menurut politisi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) itu, peristiwa hukum yang menimpa tiga dokter (Ayu dkk) mestinya dijadikan refleksi oleh para dokter.

Dokter juga harus mampu berkomunikasi dengan baik dan bisa empati terhadap derita pasien.

Okky juga meminta Ikatan Dokter Indonesia meningkatkan sosialisasi dengan pihak Rumah Sakit. Harapannya, pihak RS bisa memberikan penjelasan yang kompresensif mengenai formulir persetujuan tindakan medis (informed consent) yang akan dilakukan kepada calon pasien.

"Edukasi kepada pasien penting agar membaca secara teliti informed consent," tandasnya. (fat/jpnn)

 

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...
tomo