JPNN.com

Metode PRP Bikin Kulit Tampak Lebih Segar

Sabtu, 22 Juni 2019 – 19:25 WIB Metode PRP Bikin Kulit Tampak Lebih Segar - JPNN.com

jpnn.com - Ragam prosedur perawatan wajah datang silih berganti. Kini, hadir metode Platelet Rich Plasma (PRP) yang disebut-sebut membuat kulit lebih segar dan tampak awet muda. Tak pelak, perawatan wajah yang dikenal dengan vampire facialini membuat para wanita penasaran untuk mencobanya.

Apa itu PRP?
Platelet Rich Plasma (PRP) adalah plasma darah yang kaya akan platelet dan mengandung berbagai macam faktor pertumbuhan (growth factor) serta sitokin.

Pada dasarnya, kulit yang segar, halus, dan lembut sangat dipengaruhi oleh adanya serat kolagen yang cukup. Seiring pertambahan usia, elastisitas dan jumlah kolagen di kulit menurun. Kulit pun akan tampak kendur, muncul garis kerutan, dan  keriput.

Nah, penambahan growth factor pada permukaan kulit yang mengalami penuaan atau rentan terhadap radikal bebas, dapat meningkatkan peremajaan kulit, elastisitas jaringan , dan memacu proses regenerasi sel.

Selain peremajaan kulit, trombosit dalam PRP juga bisa digunakan untuk menyembuhkan bekas luka, menghilangkan bekas jerawat, garis-garis stretchmark, hingga mengurangi kebotakan. Trombosit dalam darah berperan penting untuk mengobati dan memperbaiki kondisi beberapa jaringan dalam tubuh.

Kandungan trombosit dalam PRP bisa mencapai 5-10 kali lipat dari konsentrasi normal. Dengan menambahkan konsentrasi trombosit lewat proses PRP, diharapkan proses perbaikan jaringan menjadi lebih cepat.

Anda yang memiliki masalah kerontokan dan kebotakan, perawatan PRP juga berguna untuk menstimulasi pertumbuhan rambut.

Bagaimana proses pengerjaan PRP?
Proses pengerjaan PRP dilakukan dengan cara mengambil darah melalui intravena sebanyak 10-20ml (sesuai kebutuhan). Sampel darah yang dimasukkan ke dalam tabung khusus yang kemudian disentrifugasi (diputar dengan kecepatan tinggi dalam mesin khusus).

Sumber klikdokter

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...