Mewaspadai Varian Mu, Ma’ruf Amin Minta Pengetatan Pintu Masuk RI

Mewaspadai Varian Mu, Ma’ruf Amin Minta Pengetatan Pintu Masuk RI
Wapres Ma'ruf Amin. Foto: Fathan Sinaga/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Presiden Ma’ruf Amin meminta pengetatan pintu masuk perjalanan ke Indonesia untuk mencegah varian baru SARS-CoV-2 bernama Mu atau B1621. 

Menurut Ma’ruf Amin, pengetatan pintu masuk itu menjadi solusi awal untuk mencegah masuknya varian Mu dan berkembang di dalam negeri. 

"Kalau memang nanti membawa varian baru itu, sudah bisa dicegah dari awal," kata Ma’ruf Amin saat meninjau pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas sekolah di Bogor, Jawa Barat, Kamis (9/9).

Menurut dia, pengetatan pintu masuk tersebut harus dilakukan di berbagai sektor perjalanan baik darat, laut, maupun udara.

"Baik di lapangan, udara, maupun pintu laut, itu semua dilakukan pengetatan-pengetatan. Jadi, arahnya pada pengetatan," ujarnya.

Selain itu, upaya pemerintah untuk mencegah penularan virus varian Mu lebih luas ialah dengan penerapan protokol kesehatan ketat dan menguatkan testing, tracing, dan treatment (3T).

"Kita mempersiapkan kemampuan kita untuk menangkal virus baru itu dari dalam dengan memperketat penerapan protokol kesehatan dengan 3M, kemudian juga testing dan tracing," katanya.

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) terus berkoordinasi dengan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) untuk memantau pergerakan virus Mu.

Wapres Ma’ruf Amin meminta dilakukan pengetatan penjagaan pintu masuk Indonesia guna mencegah varian Mu. Pengetatan harus dilakukan sektor perjalanan darat, laut, dan udara. 

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News