Milad ke-64 UMJ: Prof Mike Hardy Orasi Ilmiah di Acara Wisuda

Milad ke-64 UMJ: Prof Mike Hardy Orasi Ilmiah di Acara Wisuda
Prof. Dr. Mike Hardy dan Rektor UMJ Prof Dr Syaiful Bakhri, SH, MH (kanan) di acara Milad ke-64 UMJ. Foto: istimewa for JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) menggelar acara wisuda terhadap 1.770 lulusan Program Doktor, Magister, Sarjana S1 dan Diploma 3.

Wisuda sarjana ke-71 dan wisuda Pascasarjana ke-40 ini bertepatan dengan Milad ke-64 Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ).

Rektor UMJ Prof Dr Syaiful Bakhri, SH, MH menyebutkan, dalam usia yang lebih dari setengah abad itu, UMJ telah melahirkan tidak kurang dari 50 ribu alumni yang tersebar dan berkpirah dalam berbagai bidang, dalam rangka berkontrubusi bagi kemajuan bangsa dan negara.

"Di usia yang sudah cukup matang ini, UMJ memiliki kemampuan daya tahan untuk tetap survive dari segala tantangan dan kendala dalam mengelola pendidikan tinggi," kata Prof Dr Syaiful Bakhri, SH, MH, dalam sambutannya, Senin (18/11)

Dia melanjutkan, UMJ juga memiliki kapasitas yang sudah teruji dalam mengembangkan kelenturan gerak di setiap benturan dan konflik. Baik yang bersifat internal maupun eksternal, dan hasilnya bisa disaksikan kini. UMJ tetap berkontribusi bagi kemajuan bangsa.

UMJ yang lahir tanggal 18 November 1955 merupakan Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PTM) tertua di Indonesia dan merupakan cikal bakal lahirnya PTM lainnya di mana saat ini PTM sudah mencapai jumlah 169 di seluruh Indonesia. Persyarikatan Muhammadiyah merupakan satu-satunya organisasi kemasyarakatan di dunia yang memiliki lembaga pendidikan terbanyak, dari mulai Taman Kanak-kanak (TK) hingga perguruan tinggi.

Saat ini UMJ memiliki 53 program studi yang tergabung dalam 10 Fakultas, 10 Program Magister dan 1 Program Doktor. Saat ini alumnus UMJ sudah banyak yang menjadi pengusaha, pejabat publik, anggota legislatif, dosen, dan lain sebagainya.

Prof Syaiful menyatakan, dunia pendidikan tinggi dihadapkan pada era baru, dunia yang berubah begitu cepat bersama dengan tantangan baru yang mengiringinya. Perubahan itu turut mengubah paradigma dunia pendidikan, yang mulai meninggalkan metode konvensional, menuju era pendidikan baru yang mengkombinasikan kemajuan ilmu pengetahuan dan perkembangan teknologi.

Universitas Muhammadiyah Jakarta atau UMJ mewisuda ribuan lulusan bersamaan dengan Milad ke-64 UMJ.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News