Milenial Harus Tahu, Joice Pauline Beber Cara Mengatasi Kena Mental Setelah Lulus Kuliah

Milenial Harus Tahu, Joice Pauline Beber Cara Mengatasi Kena Mental Setelah Lulus Kuliah
Webinar Kesehatan Mental: Abis Lulus Kuliah Malah Kena Mental, Gimana Ngatasinnya?' yang diselenggarakan Forum Milenial Madjoe dan didukung Kimia Farma pada Sabtu (29/1). Foto: Kimia Farma

jpnn.com, JAKARTA - Psikolog dan pakar kesehatan mental Joice Pauline Perdanayanti mengungkapkan kesehatan mental lulusan baru atau fresh graduate dapat terganggu di tengah efek pandemi ini.

Menurutnya, generasi milenial atau generasi Y (1981-1996) dan generasi Z (1997-1996) saat pertama kali lulus adalah yang merasakan dampaknya.

"Apalagi di masa pandemi di mana wisudanya saja secara virtual bersamaan saat perusahaan- perusahaan secara umum sedang tiarap," kata Joice dalam 'Webinar Kesehatan Mental: Abis Lulus Kuliah Malah Kena Mental, Gimana Ngatasinnya?' yang diselenggarakan Forum Milenial Madjoe dan didukung Kimia Farma pada Sabtu (29/1).

Joice menyampaikan strategi setiap perusahaan dalam menyikapi pandemi berbeda-beda, tetapi pada umumnya kebijakan yang diambil adalah bertahan dan tidak merekrut karyawan baru.

Meskipun begitu, dinamika dalam kehidupan sosial selalu memberi tekanan kepada fresh graduate khususnya kepada orang tua.

"Walaupun dengan situasi seperti itu, suara-suara dari lingukungan sekitar tetap saja kencang dan memberi tekanan ke orang tua," tutur Joice.

Dalam mengatasi tekanan tersebut, Joice menyarankan Generasi Y dan Z harus memiliki lingkungan kelompok sosial yang beragam dan tidak hanya bergantung pada keluarga.

"Hati-hati jika laki-laki atau perempuan tidak memiliki geng atau teman berkumpul karena psikososial berkembang dari situ," paparnya.

Joice Pauline membeberkan cara mengatasi kena mental setelah lulus kuliah, kalangan milenial harus tahu

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News