Mimpi Pendeta Alex

Oleh Dahlan Iskan

Mimpi Pendeta Alex
Dahlan Iskan. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com - Saya punya buku yang bagi saya sangat berharga: tentang perjalanan hidup dan penginjilan Pendeta Abraham Alex Tanuseputra. Yang meninggal dunia pekan lalu itu.

Termasuk bagaimana sejarah dibangunnya gereja terbesar pertama di Indonesia. Yang berkapasitas 20.000 jemaat. Yang arsitektur luar dalamnya sangat baru bagi dunia gereja di Indonesia saat itu. Yang terletak di Nginden Surabaya.

Pendeta Alex-lah yang memiliki ide itu dan berjuang mewujudkannya. Sampai ke penggalangan dananya. Termasuk bagaimana mengatasi demo dan penentangan dari lingkungannya.

Baca Juga:

Sampai-sampai gedung itu awalnya tidak diberi nama gereja tetapi disebut graha: Graha Bethany. Megah sekali.

Mimpi Pendeta Alex
Pendeta Abraham Alex Tanuseputra. Foto: arsip pribadi for disway.id

Kelak saya akan menulis lebih jelas tentang perjalanan ide gereja itu. Juga mimpi-mimpi besar Pendeta Alex lainnya. Termasuk bagaimana beliau mimpi mewujudkan 1.000 gereja Bethany di Indonesia. Dan tercapai.

Keinginan Pendeta Alex selalu tercapai. Sampai-sampai beliau mendapat julukan sebagai orang yang memiliki visi yang selalu besar.

Setelah ide besar Graha Bethany di Nginden terwujud ada lagi mimpi besar Pendeta Alex: membangun gereja tertinggi di Indonesia. Bahkan di dunia.

Kelak saya akan menulis lebih jelas tentang perjalanan ide Gereja Bethany. Juga mimpi-mimpi besar Pendeta Abraham Alex Tanuseputra.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News