MIND ID Bidik KTT ASEAN Jadi Gerbang UMKM Menuju Pasar Global

MIND ID Bidik KTT ASEAN Jadi Gerbang UMKM Menuju Pasar Global
Menteri BUMN Erick mencicipi Kolkal Griya yang merupakan makanan olahan kolang kaling dengan berbagai rasa mitra binaan PT Antam Tbk yang berlokasi di Depok, Jawa Barat. Foto: Dok MIND ID

jpnn.com, JAKARTA - Pemerintah RI melalui multi stakeholdernya terus mendorong pertumbuhan UMKM dari banyak sektor dengan beberapa fasilitas serta kemudahan demi memicu tumbuhnya UMKM.

Kementerian BUMN membuat SME’s HUB ASEAN Summit dalam KTT ASEAN 9-13 Mei di Labuan Bajo, untuk memacu bisnis UMKM agar go global.

Inisiasi ini mampu menghadirkan lebih dari 40 booth BUMN, 10 booth UMKM Lokal Labuan Bajo serta ratusan produk UMKM.

Sebab, pengembangan UMKM tidak lepas dari peran pendampingan dan memperluas pasar, karena pembiayaan saja tidaklah cukup.

Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan UMKM merupakan ujung tombak fondasai ekonomi Indonesia, tetapi tidak mungkin sektor tersebut dilepas sendiri.

Kementerian BUMN pun fokus bersinergi antarkementerian dan pemda untuk pembiayaan, pembinaan, dan perluasan pasar.

"Pembiayaan saja tidak cukup tanpa pendampingan dan ini bukti pendampingan kita,” ungkap Erick saat berkunjung ke booth di Marina Labuan Bajo Waterfront.

Erick menjelaskan salah satu bentuk perluasan yang difasilitasi oleh Kementerian BUMN untuk mendukung mitra binaan UMKM Perusahaan BUMN ialah hadirnya e-katalog dan aplikasi Padi BUMN.

Kementerian BUMN membuat SME’s HUB ASEAN Summit dalam KTT ASEAN 9-13 Mei di Labuan Bajo, untuk memacu bisnis UMKM agar go global.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News