MIND ID Perbanyak Smelter, Siap Jalankan Mandat Terkait Hilirisasi

MIND ID Perbanyak Smelter, Siap Jalankan Mandat Terkait Hilirisasi
Program hilirisasi pertambangan, negara mampu mendapatkan pertambahan nilai jual berkali lipat ganda. Foto: Dok MIND ID

jpnn.com, JAKARTA - Holding BUMN tambang MIND ID gencar menggarap proyek strategis yang memberikan nilai tambah bagi perekonomian Indonesia melalui hilirisasi industri di berbagai anak usahanya.

MIND ID yang sejak 2017 menjadi induk dari PT Aneka Tambang Tbk (ANTM), PT Bukit Asam Tbk (PTBA), PT Freeport Indonesia, PT Indonesia Asahan Aluminium (Inalum), PT Timah Tbk (TINS)  telah resmi bernama PT Mineral Industri Indonesia (Persero) dan menjadi entitas sendiri lepas dari Inalum.

 “Hadirnya MIND ID yang kini telah berbadan hukum sendiri yaitu PT Mineral Industri Indonesia (Persero) sebagai Strategic Holding Industri Pertambangan diharapakan dapat meningkatkan sinergi dan kolaborasi antar anggota Perusahaan BUMN Tambang di Indonesia. Selain itu, juga diharapkan dapat menciptkan sinergi dan efisien yang lebih optimal dalam penyusunan strategi pelaksanaan yang tidak tercampur dengan kegiatan operasional,” ujar Heri Yusuf, Sekretaris Perusahaan MIND ID 

Di bawah naungan MIND ID, setiap anggotanya sedang menjalankan berbagai proyek hilirisasi dengan progress cepat.

Misalnya di sektor tambang batu bara, saat ini PTBA sedang mengerjakan proyek hilirisasi mulai dari pembangkit listrik hingga proyek proyek energi baru terbarukan (EBT).

Untuk pembangkit listrik, PTBA sedang menjalankan pembangunan di kawasan Sumsel 8 berkapasitas 2X660 Megawatt dengan progress konstruksi mencapai 97,2% per akhir Desember 2022.  

Sementara di sektor EBT, PTBA juga menggarap pembangkit listrik tenaga surya dan angin.

Saat ini beberapa panel surya PTBA yang sudah beroperasi antara lain di Bandara Soekarno Hatta International Airport (SHIA) dan di Tol Bali Mandara dengan total mencapai 641 kwp. 

Melalui komitmen MIND ID untuk melakukan hilirisasi maka posisi Indonesia di rantai pasok global akan makin solid sekaligus menjadi motor pertumbuhan ekonomi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News