Minggu Kelima Pasca-Idulfitri, 6 Provinsi di Pulau Jawa Alami Lonjakan Covid-19

Selasa, 15 Juni 2021 – 17:17 WIB
Minggu Kelima Pasca-Idulfitri, 6 Provinsi di Pulau Jawa Alami Lonjakan Covid-19 - JPNN.com
Prof Wiku Adisasmito. Foto: dok covid19goid

jpnn.com, JAKARTA - Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengungkapkan enam provinsi di Pulau Jawa mengalami kenaikan kasus tertinggi di Indonesia.

"Provinsi DKI Jakarta, Jawa Tengah, Jawa Barat, DI Yogyakarta dan Jawa Timur. Bahkan, provinsi keenam teratas juga berasal dari pulau Jawa yaitu provinsi Banten," kata Wiku dalam konferensi pers, Selasa (15/6).

Menurutnya, kenaikan kasus di beberapa provinsi tersebut mencapai lebih dari 400 hingga 7 ribu kasus dalam satu minggu terakhir.

Wiku mengatakan sejumlah daerah dengan tingkat lonjakan kasus paling tinggi merupakan daerah tujuan mudik sedangkan DKI Jakarta sebagai daerah asal pemudik.

"Kenaikan kasus pada minggu ke-5 pasca periode Idul Fitri ini jelas terlihat pada daerah tujuan mudik," lanjut Prof Wiku.

Dia meminta pemerintah daerah untuk menetapkan strategi pengendalian kasus yang sesuai dengan kondisi dan kapasitas daerahnya masing-masing.

Sementara itu, lanjut Prof Wiku, pemerintah sedang fokus untuk mengendalikan kenaikan kasus dengan ikut serta mematuhi kebijakan yang ada, baik pembatasan mobilitas dalam dan luar negeri dan kedisiplinan protokol kesehatan.

"Fokus kami saat ini adalah untuk segera mengendalikan penambahan kasus di daerah-daerah yang sedang mengalami kegentingan kondisi kasus," kata Wiku.(mcr9/jpnn)

Jangan Lewatkan Video Terbaru:

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...