Minggu, Sidang Istbat Penetapan Awal Ramadan

Minggu, Sidang Istbat Penetapan Awal Ramadan
Melihat hilal. Ilustrasi Foto: dok.JPNN

jpnn.com - JAKARTA – Kementerian Agama (Kemenag) akan menggelar sidang itsbat (penetapan) awal bulan Ramadan 1437H/2016M pada Minggu, 5 Juni 2016. 

Sidang dilakukan di Kantor Kemenag, Jakarta, usai salat Magrib setelah masuk laporan hasil rukyatul hilal dari lokasi pemantauan di seluruh Indonesia. 

”Sidang itsbat awal Ramadan tahun ini akan dilaksanakan pada Ahad, 5 Juni 2016 M di Auditorium HM. Rasjidi, Kementerian Agama RI, Jl. MH. Thamrin No. 6, Jakarta,” ujar gs. Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah (Urais-Binsyar) yang juga Sekretaris Ditjen Bimas Islam Kemenag, Muhammadiyah Amin dalam keterangannya di Jakarta, kemarin (2/6).

Sidang itsbat akan dihadiri oleh perwakilan ormas-ormas Islam, serta para duta besar negara sahabat. Proses sidang akandiawali dengan pemaparan posisi hilal menjelang awal Ramadan 1437H oleh tim  Badan Hisab dan Rukyat Kementerian Agama.

Menurutnya, Kemenag dalam penetapan awal Ramadan menunggu hasil Rukyatul Hilal yang dilaksanakan oleh Kemenag Provinsi dan Kabupaten/Kota, bekerjasama dengan Peradilan Agama dan ormas Islam serta instansi lain setempat.

”Hasil Rukyatul Hilal dan Data Hisab Posisi Hilal awal Ramadan 1437H akan dimusyawarahkan dalam sidang itsbat awal Ramadan untuk kemudian diambil keputusan penentuan awal Ramadan 1437H,” katanya.

Untuk Rukyatul Hilal tahun ini, lanjut Muhammadiyah Amin, Kemenag akan menurunkan sejumlah pemantau hilal Ramadan  di beberapa lokasi di seluruh provinsi Indonesia.

Di Aceh lokasinya di POB Tgk. Chiek Kuta Karang Lhoknga, Gunung Cring Crang, Pantai Krueng Geukuh, Pantai Suak Geudeubang, Pantai Lhok Keutapang, dan Pantai Teluk Dalam; 

JAKARTA – Kementerian Agama (Kemenag) akan menggelar sidang itsbat (penetapan) awal bulan Ramadan 1437H/2016M pada Minggu, 5 Juni 2016. 

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News