Minta Google Aktif Perangi Pembajakan di Internet

Minta Google Aktif Perangi Pembajakan di Internet
Minta Google Aktif Perangi Pembajakan di Internet

jpnn.com - CALIFORNIA - Google kembali kena tuding tak peduli dengan aksi pembajakan yang dari hari ke hari makin tak terbendung. Sebagai mesin pencarian internet terbesar di dunia, perusahaan yang bermarkas di Mountain View ini seharusnya lebih bisa menyaring link-link berisi materi hasil bajakan.

Namun, yang ada justru sebaliknya. Hanya dengan mengetik materi yang diinginkan, pengguna internet justru langsung ditunjukan link yang memuat lagu, film, atau perangkat lunak yang sebagian besar merupakan hasil bajakan.

Seperti sebelumnya, pihak yang menuding adalah MPAA, sebuah ssosiasi studio film Amerika. Mengutip laman Softpedia, Kamis (19/9), MPAA mengaku tak asal lempar tudingan bahwa Google tak maksimal menindak para pembajak. Sebab dari hasil penelitian MPAA menunjukan 20 persen lalu lintas pembajakan "ditunjukkan" dengan cara mencari lewat mesin pencari internet seperti Google.

Dari pencarian normal pengguna Google yang mencapai 3 miliar per hari, jika dirata-rata maka angka pembajakan melalui link di internet itu bisa mencapai 4 miliar per tahun.

Pengelola Googe juga diminta bertanggung jawab karena dinilai telah memberikan kemudahan pada 74 persen pengguna internet untuk mencoba mencari materi bajakan. Dengan data tersebut, MPAA akan meminta kongres AS agar mendesak Google supaya lebih aktif terlibat aksi memerangi pembajakan.

Tahun lalu, MPAA juga melakukan serupa, hingga Google akhirnya sepakat membuat algortima khusus yang bisa memblok materi bajakan. Tapi setahun berlalu, MPAA menganggap upaya tersebut ternyata tak membawa hasil signifikan. (pra/jpnn)


CALIFORNIA - Google kembali kena tuding tak peduli dengan aksi pembajakan yang dari hari ke hari makin tak terbendung. Sebagai mesin pencarian internet


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News