Minta Pemerintah Berpihak Kepada Masyarakat Pesisir, Susi Lalu Membandingkan

Minta Pemerintah Berpihak Kepada Masyarakat Pesisir, Susi Lalu Membandingkan
Eks Menteri Kelautan dan Perikanan Indonesia Susi Pudjiastuti di Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK), pada Rabu (13/9). Foto: Ryana Aryadita/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Eks Menteri Kelautan dan Perikanan Indonesia Susi Pudjiastuti meminta pemerintah agar mengeluarkan regulasi dan kebijakan yang berpihak pada masyarakat pesisir.

Hal itu dipaparkannya saat acara Gelar Karya Revolusi Mental "Seminar Nasional Pesisir Tangguh Untuk Indonesia Maju", Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK), pada Rabu (13/9).

Susi juga membandingkan kebijakan pemerintah terkait pesisir saat ini dengan yang dilakukannya saat dia menjabat sebagai Menteri Kelautan.

“Pertama, memudahkan mereka melakukan usaha hanya di pesisir, ikan, wisata, bebaskan mereka dari izin-izin. Dulu di zaman saya, kapal di bawah 10 GT tidak perlu izin,” ucap Susi di lokasi.

Gross tonnage (GT) sendiri merupakan suatu ukuran yang menunjukkan besarnya volume kapal untuk menampung hasil dari operasi penangkapan ikan dalam rangka pemanfaatan sumber daya perikanan

Wanita asal Pangandaran, Jawa Barat itu meminta agar KemenkoPMK terus mendukung warga di pesisir terutama para nelayan.

Dia berharap pemerintah memberikan kemudahan untuk melakukan kegiatan usaha bagi para nelayan.

Pemerintah juga didesak untuk memproteksi wilayah usaha nelayan terutama laut dari kerusakan.

Susi Pudjiastuti meminta pemerintah agar mengeluarkan regulasi dan kebijakan yang berpihak pada masyarakat pesisir.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News