Minum Alkohol Bisa Membersihkan Racun di Otak?

Minum Alkohol Bisa Membersihkan Racun di Otak?
Whisky. Foto: Ilustrasi

jpnn.com, JAKARTA - Studi baru yang dipublikasikan di jurnal Scientific Reports menunjukkan manfaat kesehatan dari rendahnya dosis alkohol.

Mengonsumsi alkohol pada tingkat rendah bisa mengurangi peradangan dan membantu otak Anda membersihkan racun, termasuk yang terkait dengan penyakit Alzheimer.

Sementara konsumsi alkohol yang berlebihan adalah bahaya kesehatan yang terdokumentasi dengan baik.

"Asupan zat etanol dalam jumlah yang terlalu lama diketahui memiliki efek buruk pada sistem saraf pusat," kata penulis utama studi, Maiken Nedergaard dari University of Rochester Medical Center (URMC) di AS, seperti dilansir laman India Times.

"Namun, dalam penelitian ini kami telah menemukan untuk pertama kalinya bahwa rendahnya kadar alkohol berpotensi bermanfaat bagi kesehatan otak, yaitu meningkatkan kemampuan otak untuk membuang limbah," lanjut Nedergaard.

Temuan ini menambah penelitian sebelumnya yang menunjukkan manfaat kesehatan dari mengonsumsi alkohol dalam dosis kecil.

"Studi telah menunjukkan bahwa asupan alkohol rendah sampai sedang dikaitkan dengan risiko demensia yang lebih rendah, sementara minum berat selama bertahun-tahun memberikan peningkatan risiko penurunan kognitif," tambah Nedergaard.

Studi ini bisa membantu menjelaskan mengapa hal ini terjadi. Secara khusus, dosis rendah alkohol muncul untuk meningkatkan kesehatan otak secara keseluruhan.(fny/jpnn)


Studi baru yang dipublikasikan di jurnal Scientific Reports menunjukkan manfaat kesehatan dari rendahnya dosis alkohol.


Redaktur & Reporter : Fany

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News