Minum Kopi Bisa Turunkan Berat Badan?

Minum Kopi Bisa Turunkan Berat Badan?
Kopi hitam. Foto: Health

jpnn.com - Banyak orang berpandangan bahwa kopi hanya berguna untuk meningkatkan konsentrasi dan energi. Namun, tahukah Anda bahwa kopi juga berguna untuk menurunkan berat badan?

Kandungan kafein pada kopi bisa memengaruhi pola tidur seseorang. Jika Anda terus mengonsumsi kopi sepanjang pagi dan siang hari, ada kemungkinan Anda tidak bisa tidur dengan mudah di malam hari.

Sedangkan, pola tidur cukup memainkan peranan penting dalam mengatur berat badan.

Sebuah studi yang dilakukan oleh University of Chicago menunjukkan bahwa kurang tidur memiliki banyak efek negatif pada tubuh, seperti konsumsi makan yang berlebih, risiko tinggi terkena diabetes serta obesitas.

Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk mengatur waktu minum kopi yang tepat agar pola tidur tidak terganggu.

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa kafein yang terkandung dalam secangkir kopi dapat meningkatkan proses metabolisme sebanyak 3-11 persen. Tidak hanya itu, kafein juga terbukti mampu membantu pembakaran lemak.

Pada penderita obesitas, konsumsi kopi dapat membantu pembakaran lemak hingga 10 persen. Sedangkan, pada orang yang tidak memiliki masalah obesitas, pembakaran mencapai 29 persen.

Meski begitu, minum kopi secara berlebihan juga bisa menimbulkan migrain, jantung berdebar, dan nyeri ulu hati. Jadi, kadar konsumsinya juga perlu dikontrol.

Untuk itu, penting bagi Anda untuk mengatur waktu minum kopi yang tepat agar pola tidur tidak terganggu.

Sumber Klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News