Senin, 22 Juli 2019 – 04:08 WIB

Minum Obat dengan Air Dingin, Bolehkah?

Sabtu, 02 Februari 2019 – 18:35 WIB
Minum Obat dengan Air Dingin, Bolehkah? - JPNN.COM

jpnn.com - Setiap orang memiliki kebiasaan tersendiri saat minum obat. Ada yang normal-normal saja menggunakan air putih, ada yang perlu digerus dulu hingga menyerupai puyer, sampai ada yang memerlukan buah pisang untuk minum obat.

Nah, bicara soal minum obat dengan air putih, katanya minum obat dengan air dingin bisa mengganggu proses penyerapan bahan aktif dan memperlama proses penyembuhan. Apa benar demikian?

Menurut dr. Adeline Jaclyn dari KlikDokter, sebetulnya suhu air minum dengan proses penyerapan obat di dalam tubuh tidak saling berkaitan. Karena itu, sah-sah saja jika Anda lebih menyukai air dingin saat berusaha menelan obat.

Namun sebelum meneguk air dingin, perhatikan jenis penyakit yang sedang Anda alami. Bila Anda sedang mengalami flu, sebaiknya hindari air dingin karena suhu dingin bisa semakin menurunkan daya tahan tubuh Anda yang kurang baik.

“Tapi intinya, suhu air tidak mengurangi efektivitas penyerapan obat,” tandas dr. Adeline.

Lalu, bagaimana dengan air hangat? Apakah minum obat dengan air hangat jauh lebih baik ketimbang menggunakan air dingin?

Menurut dr. Reza Fahlevi dari KlikDokter, banyak orang percaya bahwa meminum obat dengan air hangat itu lebih baik. Air hangat dianggap bisa melarutkan bahan makanan lebih cepat sehingga diasumsikan bahwa obat akan mudah tercerna dan terserap.

Padahal, daya larut antara satu jenis obat dengan obat lainnya berbeda-beda, tak peduli apa pun suhu airnya. Dengan begitu, apa pun suhu airnya, asalkan itu air putih matang, semuanya aman untuk dikonsumsi bersamaan dengan obat.

Sumber : Klikdokter
SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar