Biasakan Pesan Kopi Panas, Banyak Manfaatnya

Biasakan Pesan Kopi Panas, Banyak Manfaatnya
Ilustrasi kopi. Foto: Pixabay

jpnn.com - Ada kabar baik bagi pencinta kopi, di mana sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Scientific Reports menunjukkan bahwa kopi panas mengungguli berbagai produk minuman yang diseduh dingin.

Para peneliti dari Thomas Jefferson University di Philadelphia membandingkan keasaman dan aktivitas antioksidan antara minuman panas dan dingin.

Hasil penelitian menunjukkan adanya tingkat aktivitas antioksidan yang lebih tinggi pada hidangan kopi panas.

Sebagai pengingat, antioksidan yang terkandung dalam kopi dianggap memiliki beberapa manfaat kesehatan, termasuk penurunan risiko penyakit jantung, diabetes dan kematian dini yang lebih rendah.

"Secara moderat, penelitian menunjukkan bahwa kopi sangat baik untuk kesehatan Anda," kata rekan penulis studi, Megan Fuller, PhD, asisten profesor kimia di Jefferson, seperti dilansir laman Health, Kamis (31/1).

"Kami menemukan bahwa kopi panas memiliki kapasitas antioksidan lebih banyak," jelas Fuller.

Secara historis, kopi dingin sering dianggap kurang asam daripada kopi hangat dan karena itu, lebih lembut di perut.

Namun dalam studi baru, tingkat pH dari sampel minuman panas dan dingin semua berada dalam kisaran 4,85-5,13. (fny/jpnn)


Ada kabar baik bagi pencinta kopi, di mana sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Scientific Reports menunjukkan bahwa kopi panas mengungguli berbagai produk minuman dingin


Redaktur : Rasyid Ridha
Reporter : Fany

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News