Bolehkan Minum Kopi Setelah Berolahraga?

Bolehkan Minum Kopi Setelah Berolahraga?
Kopi. Foto : Ricardo/JPNN.com

jpnn.com - Seiring berjalannya waktu, minum kopi menjadi bagian penting dari rutinitas sebagian orang. Bahkan, ada saja yang memiliki jadwal tertentu untuk minum kopi. Salah satunya adalah minum kopi setelah berolahraga. Hal tersebut mungkin terlihat unik karena umumnya sebagian orang memilih minuman isotonik atau air putih untuk diminum usai olahraga.

Nah, sebenarnya apakah boleh minum kopi usai olahraga? 

Minum kopi usai olahraga boleh-boleh saja. Bahkan, ada beberapa penelitian yang menyatakan manfaat kesehatan dari minum kopi usai olahraga. Kandungan kafein dalam kopi dipercaya bisa menurunkan nyeri otot yang terjadi pascaolahraga.

Dalam hal ini, kafein bekerja dengan menghambat reseptor adenosin yang berperan dalam respons inflamasi yang menimbulkan rasa nyeri. Sebuah penelitian di University of Georgia menyatakan bahwa konsumsi kafein 1 atau 2 hari setelah olahraga dapat mengurangi rasa nyeri otot hingga 48 persen.

Tidak hanya itu, minum kopi usai olahraga diketahui juga bisa mempercepat pemulihan otot. Menurut hasil penelitian di American Psychological Society, minum kopi disertai konsumsi pisang setelah berolahraga dapat mempercepat pemulihan otot.

Sebuah penelitian di Journal of Applied Physiology juga menyatakan bahwa kadar glikogen pada otot kembali meningkat lebih cepat ketika seorang atlet mengonsumsi minuman dengan kandungan karbohidrat kompleks disertai dengan kafein. Otomatis kondisi tersebut mempercepat pemulihan otot dan pengembalian energi dalam tubuh.

Ada pula penelitian yang menyebutkan bahwa mengonsumsi kopi memungkinkan seorang atlet tidak cepat lelah saat berlatih. Hal ini karena kopi merangsang tubuh untuk memanfaatkan simpanan lemak sebagai bahan bakar selama berolahraga.

Lalu berapa jumlah kopi yang direkomendasikan?

Ada saja yang memiliki jadwal tertentu untuk minum kopi. Salah satunya adalah minum kopi setelah berolahraga.

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News