JPNN.com

Minum Susu Bikin Orang Dewasa Mudah Gemuk?

Minggu, 24 November 2019 – 10:37 WIB Minum Susu Bikin Orang Dewasa Mudah Gemuk? - JPNN.com

jpnn.com - Tak hanya bayi dan anak-anak, orang dewasa kerap mengonsumsi susu. Tapi benarkah jika dikonsumsi rutin, minum susu bikin orang dewasa mudah gemuk? Temukan faktanya di sini.

Tinggi Kandungan Protein

Satu gelas susu memiliki kandungan protein yang tinggi, yakni delapan gram. Protein sangat penting karena diperlukan untuk pembentukan dan perbaikan sel-sel serta jaringan tubuh.

Tak hanya itu, protein juga berperan dalam sistem kekebalan tubuh, serta pembentukan enzim yang penting untuk metabolisme tubuh.

Protein yang terkandung dalam susu adalah protein yang lengkap, karena mengandung 9 asam amino esensial (asam amino yang tidak dapat diproduksi sendiri oleh tubuh dan harus diperoleh dari makanan).

Protein susu terdiri dari dua jenis, yakni whey dan casein. Casein adalah protein mayoritas dalam susu sapi (70-80 persen), sementara whey hanya 20 persen. Protein whey lebih mudah diserap oleh tubuh dibandingkan dengan casein, dan mengandung asam amino yang diperlukan untuk pembentukan otot.

Oleh karena itu, orang-orang yang ingin membentuk otot biasanya mengonsumsi suplemen yang mengandung protein whey.

Selain untuk membentuk otot, protein whey juga penting bagi lansia yang akan mengalami kehilangan massa otot secara konstan. Jika tidak mengonsumsi protein yang cukup, maka massa otot lansia akan terus berkurang dan memiliki peningkatan risiko untuk jatuh dan berbagai penyakit lainnya.

Sumber klikdokter

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...