JPNN.com

Minuman Manis Berisiko Merusak Jantung Wanita, Benarkah?

Selasa, 07 Juli 2020 – 22:10 WIB
Minuman Manis Berisiko Merusak Jantung Wanita, Benarkah? - JPNN.com
Ilustrasi minuman bersoda. Foto: Pixabay

jpnn.com, JAKARTA - Para peneliti menyebutkan bahwa wanita yang minum banyak soda, jus manis dan minuman manis lainnya berisiko lebih besar terkena penyakit jantung.

"Meskipun penelitian ini tidak membuktikan sebab dan akibat, para peneliti menduga ada beberapa alasan mengapa gula bisa meningkatkan risiko penyakit jantung pada wanita," kata penulis utama studi, Cheryl Anderson, seperti dilansir laman WebMD, Senin (6/7).

"Gula meningkatkan kadar glukosa dan konsentrasi insulin dalam darah, yang bisa meningkatkan nafsu makan dan menyebabkan obesitas, faktor risiko utama untuk penyakit kardiovaskular," jelas Anderson dalam rilis berita Journal of American Heart Association.

"Selain itu, terlalu banyak gula dalam darah dikaitkan dengan stres oksidatif dan peradangan, resistensi insulin, profil kolesterol tidak sehat dan diabetes tipe 2, kondisi yang sangat terkait dengan perkembangan aterosklerosis," tambah Anderson.

Soda diet kadang-kadang dipandang sebagai alternatif lain bagi orang yang mencoba mengurangi minuman manis.

Tetapi minuman diet ini justru mengandung pemanis buatan seperti sakarin, aspartam, sucralose dan lainnya yang berkontribusi bagi penurunan kesehatan seseorang.

Air adalah minuman yang sehat, karena tidak mengandung gula, tidak mengandung pemanis buatan dan tidak mengandung kalori, menurut American Heart Association. (fny/jpnn)

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...
jlo