Minyak Goreng Langka, Mulyanto: Pemerintah Harus Gencarkan Operasi Pasar

Minyak Goreng Langka, Mulyanto: Pemerintah Harus Gencarkan Operasi Pasar
Stok minyak goreng. Ilustrasi: Elvi R/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua FPKS DPR RI Bidang Industri dan Pembangunan, Mulyanto meminta pemerintah gencarkan operasi pasar untuk menanggulangi kekosongan persediaan minyak goreng di berbagai daerah.

Mulyanto menyebut kebijakan pemerintah tentang penetapan harga eceran tertinggi (HET) minyak goreng belum efektif karena tidak diikuti dengan persediaan yang cukup.

Di beberapa tempat, bahkan dilaporkan persediaan minyak goreng kosong selama beberapa hari.

"Artinya ada pihak yang sengaja tidak mau mematuhi kebijakan pemerintah dengan cara menahan stok. Produsen minyak goreng tidak berkenan melepas persediaan minyak karena harga jual dinilai kurang menguntungkan," ujar Mulyanto, Jumat (4/2).

Dia menegaskan agar pemerintah mengambil langkah tegas dengan melakukan operasi pasar di berbagai tempat dan memberi sanksi tegas kepada produsen nakal yang tidak patuh pada kebijakan.

Lebih lanjut, Mulyanto meminta pemerintah segera turun ke lapangan untuk memastikan kebijakan satu harga dan persediaan minyak goreng aman.

"Menteri Koordinator Bidang Perekonoman dan Menteri Perdagangan harus turun tangan mengatasi masalah ini."

"Keduanya jangan sekadar membuat kebijakan, tetapi harus dapat memastikan diterapkannya kebijakan tersebut di pasar," ujar Mulyanto.

Wakil Ketua FPKS DPR RI Bidang Industri dan Pembangunan, Mulyanto meminta pemerintah gencarkan operasi pasar untuk menanggulangi kekosongan persediaan minyak goreng di berbagai daerah.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News