Minyak Goreng Langka, Teknik Memasak Ini Bisa jadi Solusi, Lebih Sehat

Minyak Goreng Langka, Teknik Memasak Ini Bisa jadi Solusi, Lebih Sehat
Warga mengharapkan harga minyak goreng kembali normal. Ilustrasi. Foto: Wenti Ayu/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Kelangkaan minyak goreng masih terjadi belakangan ini. Guru Besar Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia Profesor Ari Fahrial Syam mengatakan kondisi itu sebenarnya bisa menjadi momentum untuk mengurangi kebiasaan menggunakan minyak goreng sekaligus mengubah pola hidup menjadi lebih sehat.

“Sudah saatnya masyarakat mengurangi makanan yang digoreng agar pola hidup lebih sehat,” kata Ari, Sabtu (5/3).

Dia menjelaskan, terlalu sering mengonsumsi makanan yang digoreng dengan minyak goreng berisiko menaikkan kadar kolesterol dan mengakibatkan aterosklerosis.

Aterosklerosis merupakan kondisi di mana pembuluh darah menjadi lebih sensitif dan kaku. Dampaknya, risiko terkena penyakit jantung koroner ikut meningkat.

Senada dengan Ari, dokter spesialis penyakit dalam dr. R.A. Adaninggar, SpPD, pun mengatakan minyak goreng sebagai salah satu sumber lemak jenuh yang berbahaya bagi tubuh jika dikonsumsi berlebihan. Karena itu, konsumsi makanan yang digoreng pun perlu dibatasi.

“Minyak goreng ini kan juga salah satu sumber lemak jenuh, lemak yang cukup berbahaya untuk tubuh. Sebenarnya kita dalam sehari itu ada batasannya untuk konsumsi minyak goreng," tutur dokter yang akrab disapa Ning. 

Jika kandungan lemak jenuh dalam minyak goreng tinggi, dikhawatirkan akan meningkatkan kadar kolesterol buruk dalam darah yang disebut low-density lipoprotein (LDL).

Efeknya adalah meningkatkan risiko berbagai gangguan kesehatan. Mulai dari obesitas, diabetes, hingga penyakit jantung koroner.

Minyak goreng langka bisa menjadi momentum untuk menciptakan pola hidup sehat. Simak saran dokter tentang teknik memasak untuk mengurangi konsumsi minyak goreng.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News