Miris Sekolah Ini, Kalau Hujan, Muncul Air dari Lantai

Miris Sekolah Ini, Kalau Hujan, Muncul Air dari Lantai
Sekolah yang memprihatinkan. Foto: dok JPG/ JawaPos

jpnn.com - JEMBER - Kondisi SDN Curahtakir 03, Dusun Afdeling Kalibajing, Desa Curahtakir, Kecamatan Tempurejo, sangat memprihatinkan.

Terutama di tiga ruang kelasnya. Ruang itu adalah kelas IV, V, dan VI yang lokasinya berjajar dalam satu bangunan sehingga tidak layak untuk KBM (kegiatan belajar mengajar).

Ruang kelas tersebut masih menggunakan genting asbes dengan rangka besi. Bagian temboknya sudah mulai retak.

Asbes setiap ruangan sudah berlubang. Bahkan, di ruang kelas V, lubang yang cukup besar menganga persis di atas meja guru.

Praktis, saat hujan deras, meja guru dan meja siswa harus digeser ke tempat yang lebih kering.

Kondisi itu diperparah dengan lantai keramik tua yang juga retak-retak.

Bahkan, banyak keramik di pinggir tembok tiap ruangan yang lepas. Imbasnya, setiap ruangan terlihat lembab.

"Namun, yang paling parah adalah ruang kelas IV. Kalau hujan deras saat malam, ruangannya akan tergenang air. Bahkan, dari sela-sela keramik muncul sumber seperti mata air mancur. Karena itu, siswa terpaksa melepas sepatunya karena takut basah," jelas Jaenuri, guru kelas V di SDN Curahtakir 03.

Saat ruangan mulai tergenang air, sebelum pelajaran dimulai, seluruh siswa harus bersusah payah menguras ruangan dengan sapu.

 "Dari tiga ruang kelas itu, ada 23 siswa. Masing masing delapan siswa di kelas IV, enam siswa di kelas V, dan sembilan siswa di kelas VI," ujarnya.

Tembok bangunan di tiga ruang kelas tersebut sudah mulai miring.

Kondisi tersebut membuat mereka semakin khawatir jika sewaktu-waktu bangunan roboh. Sebab, hal itu mengancam keselamatan siswa.

"Ventilasi ruangan yang terpasang dari kawat juga sudah berlubang. Pernah, ratusan buku paket di lemari kelas V hilang dicuri maling dua bulan lalu," lanjutnya.

Rupanya, pencuri masuk lewat jendela atau lubang ventilasi dari kawat itu.

JEMBER - Kondisi SDN Curahtakir 03, Dusun Afdeling Kalibajing, Desa Curahtakir, Kecamatan Tempurejo, sangat memprihatinkan. Terutama di tiga ruang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News