MIRIS! Usai Juarai Turnamen Sepak Bola, 11 Anak Indonesia Terlantar di Filipina

MIRIS! Usai Juarai Turnamen Sepak Bola, 11 Anak Indonesia Terlantar di Filipina
Gatot. S Dewa Broto. Foto: dok.JPNN

jpnn.com - JAKARTA - Sejumlah anak-anak Indonesia yang rata-rata di bawah 13 tahun harus terlantar di negeri orang setelah tidak mendapat tiket pulang ke tanah air.

Para anak bangsa yang sedang bernasib kurang beruntung itu adalah mereka yang membela Tim nasional pelajar U-13 Kampiun Indonesia yang tidak bisa pulang ke Indonesia setelah berlaga di kejuaraan International Invitational Youth Football Tournament Pinas Cup Philipina pada 27-30 Oktober lalu.

Padahal, dalam even yang sangat bergengsi tersebut, mereka sukses mengharumkan nama Indonesia setelah keluar sebagai juara. Pihak Kementrian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) membenarkan informasi tersebut setelah berkomunikasi langsung dengan pihak Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Filipina.

Dari hasil laporan tersebut, tercatat total 13 orang dari skuad tersebut yang masih tertinggal di Manila, Filipina. Itu terdiri dari 11 orang pemain dan ditemani oleh dua oficial tim. "Untuk sementara mereka sedang ditampung di rumah salah satu warga Indonesia yang berdomisili di Filipina," kata juru bicara Kemenpora Gatot. S Dewa Broto.

Menurut Gatot, mereka juga kaget setelah menerima laporan bahwa tim tersebut berangkat karena hasil rekomendasi dari Kemenpora. Dari informasi yang mereka terima dari laporan orang tua anak yang ikut berangkat ke Filipina, skuad tersebut dibentuk oleh Kemenpora lewat Tim Transisi PSSI yang merekomendasikan salah satu Even Organizer (EO) bernama Kampiun Indonesia.

Namun, setelah ditelusuri secara kilat, ternyata surat rekomendasi dari Tim Transisi ke Kampiun Indonesia itu palsu. "Ada pihak yang sengaja memanfaatkan situasi. Karena setelah kami crosscheck ternyata mereka menggunakan surat bodong. Kami sedang menelusuri siapa otak di balik semua ini," kata Gatot.

Meski begitu, pria yang juga Deputi V Bidang Harmonisasi dan Kemitraan Kemenpora ini menyatakan bahwa, negara tidak akan diam melihat anak bangsa terlantar di negeri orang. "Kami akan tetap mengambil sikap dan berusaha secepatnya agar mereka kembali,"  tambahnya.

Sementara itu, Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Cerdas Bangsa yang dipercaya oleh orang tua anak-anak Tim Nasional Pelajar U-13 Indonesia itu membenarkan bahwa ada modus penipuan di balik masalah tersebut. "Kampiun Indonesia memalsukan surat tim transisi atas nama Pak Bibit Samad Rianto, ini kan persoalan pidana," kata kuasa hukum Martin Siwabessy.

JAKARTA - Sejumlah anak-anak Indonesia yang rata-rata di bawah 13 tahun harus terlantar di negeri orang setelah tidak mendapat tiket pulang ke tanah

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News