Miris...30 Persen Siswa Papua Belum Bisa Baca

Miris...30 Persen Siswa Papua Belum Bisa Baca
Sekolah di Lanny Jaya, Papua. Foto: JPG

jpnn.com, PAPUA - Saat ini sekitar 30 persen siswa di Papua ternyata belum bisa membaca.

Berdasar hasil pemantauan itu, Unicef, badan PBB yang mengurusi anak-anak, berencana menurunkan jumlah tersebut hingga 0 persen.

Kepala Departemen Pendidikan Unicef Hiro Hatori mengatakan, pihaknya juga melihat bahwa siswa di Papua yang bisa memahami dan mengerti apa yang dibaca masih 17 persen.

Karena itu, Unicef mau meningkatkan persentase tersebut agar lebih tinggi lagi.

"Ini merupakan dua capaian yang akan dilakukan ke depan," katanya setelah memaparkan hasil evaluasi penuh program pendidikan daerah pinggiran dan terpencil untuk Provinsi Papua serta Papua Barat di Hotel Allison Sentani.

Dia juga mengatakan bahwa pihaknya tidak turun secara langsung.

Baca Juga:

Pihaknya bekerja sama dengan dinas pendidikan kabupaten dan LSM yang menjadi perpanjangan tangan Unicef untuk menjalankan program itu bagi siswa tingkat SD di enam kabupaten di Provinsi Papua dan Papua Barat.

Senada dengan itu, menurut Direktur Pendidikan Dasar Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Juandanilsyah, pihaknya juga tidak bisa langsung turun ke daerah-daerah, tetapi melalui kerja sama dengan lembaga-lembaga asing yang ada seperti Unicef untuk dapat membantu meningkatkan SDM di Indonesia, khususnya Papua.

Saat ini sekitar 30 persen siswa di Papua ternyata belum bisa membaca.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News