Sabtu, 24 Agustus 2019 – 05:02 WIB

Misi Ganda The Doctor

Jumat, 15 Juli 2011 – 13:22 WIB
Misi Ganda The Doctor - JPNN.COM

SACHSENRING - Akhir pekan dalam MotoGP Jerman di Sirkuit Sachsenring menjadi catatan bersejarah bagi Valentino Rossi. Pembalap Italia itu akan mencatat sejarah baru dalam karirnya di grand prix balap motor. Dia bakal menjalani balapan ke-250 untuk semua kelas yang sudah digelutinya.

Sepanjang karirnya, Rossi sudah menjalani 230 kali balapan tanpa terputus. Catatan 230 kali start tanpa terputus itu berakhir ketika dia mengalami kecelakaan pada sesi latihan MotoGP Italia 2010. Hingga kini, peraih tujuh gelar juara dunia MotoGP tersebut sudah mencapai start ke-249.

Dengan demikian, pembalap Ducati itu akan menjadi orang keenam yang berhasil mencapai balapan ke-250. Dia berada di belakang kompatriotnya (rekan senegara) asal Italia, Loris Capirossi, di posisi teratas yang disusul Alex Barros, Jack Findlay, Angel Nieto, dan Bruno Kneubuhler.

Rossi menjalani debutnya di kelas 125 cc pada 1996 di Sirkuit Brno, Republik Ceko. Waktu itu, dia start di posisi ke-11. Sejak itu, kemenangan demi kemenangan berhasil diraih, sehingga mantan pembalap Honda dan Yamaha tersebut sudah mengoleksi sembilan gelar juara dunia.

Sayangnya, performanya pada musim 2011 dalam debutnya bersama Ducati tidak terlalu menggembirakan. Sejak seri pertama hingga kedelapan, Rossi belum pernah meraih kemenangan. Itu merupakan prestasi terburuk sepanjang karirnya karena sudah 11 seri (sejak akhir musim lalu) dilalui tanpa kemenangan.

Di antara delapan balapan yang sudah dijalani sejauh ini, Rossi baru sekali menjejak podium. Itu terjadi di Le Mans dua bulan lalu saat dirinya finis ketiga. Selebihnya, juara tujuh kali di kelas premier itu lebih sering tampil kurang memuaskan, sehingga kini hanya bisa menempati posisi keempat dalam klasemen sementara.

Untuk mengubah peruntungan pada musim 2011, Rossi sudah dibekali GP11.1 sasis anyar yang akan dipakai pada musim 2012. Namun, motor baru tersebut masih butuh data lebih banyak untuk menemukan pengaturan yang tepat. Itulah yang sudah dicoba di Mugello saat dia hanya mampu finis di urutan keenam.

Tak salah jika Rossi mengemban dua misi di Sachsenring. Selain mencari catatan positif start ke-250, dia kembali bereksperimen dengan setting baru motornya. "Di Mugello, kami mulai bekerja dengan setting yang arahnya belum pernah kami coba. Kami menggunakannya dalam pemanasan Minggu (lalu). Jadi, kami belum banyak menghabiskan waktu dengan setting itu," ujar Rossi sebagaimana dikutip Crash.

"Motor bekerja lebih baik dalam balapan mulai saat latihan. Tapi, kami butuh lebih banyak eksperimen dengan setting ini," lanjutnya.

Bermodal setting anyar tersebut, Sachsenring pun kini akan dijadikan titik awal untuk mengujinya secara menyeluruh. "Di Sachsenring, kami akan lihat apakah itu bisa jadi titik awal yang bagus. Lintasannya cukup rumit di beberapa bagian. Tapi, itu adalah sirkuit yang saya suka," ungkap Rossi. (ady/c5/diq)
 
 Daftar pembalap dengan jumlah balapan terbanyak:
 
  1. Loris Capirossi 321 start
  2. Alex Barros 276
  3. Jack Findlay 275
  4. Bruno Kneubuhler 263
  5. Angel Nieto 263
  6. Valentino Rossi 249
SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar