Mitigasi Konflik Manusia & Gajah Penting Dilakukan, Teknologi GPS Collar 

Mitigasi Konflik Manusia & Gajah Penting Dilakukan, Teknologi GPS Collar 
Sekjen KLHK Bambang Hendroyono mengatakan mitigasi konflik manusia dan gajah penting sekali dilakukan dengan penggunaan teknologi GPS Collar. Foto dok. OKI Pulp & Paper Mills

jpnn.com, JAKARTA - Sekjen sekaligus Plt. Direktur Jenderal Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem (KSDAE) KLHK Bambang Hendroyono berkunjung ke salah satu site kerja sama di Suaka Margasatwa Padang Sugihan, Minggu (19/3). 

Balai KSDA Sumatera Selatan dengan PT OKI Pulp & Paper Mills bekerja sama dalam penguatan fungsi berupa dukungan pemulihan ekosistem dan penanggulangan kebakaran di suaka margasatwa (SM) Padang  Sugihan Provinsi Sumatera Selatan

Kunjungan tersebut bertujuan melihat progres kerja sama dan kesiapsiagaan penanggulangan potensi kebakaran.

Pada kunjungan tersebut dilakukan juga serah terima satu unit GPS Collar untuk Gajah Sumatera liar dari APP Sinar Mas kepada BKSDA Sumsel. 

Kegiatan ini melengkapi kalung GPS yang sudah dipasangkan pada dua kelompok gajah di kantong habitat Air Sugihan pada Mei 2022 lalu.

Bambang Hendroyono mengatakan dirinya ingin memastikan keberadaan petugas di lapangan melalui pelaksanaan RBM di Balai KSDA Sumsel terus berjalan dan ditingkatkan teknologi, inovasi dalam kelola kawasan serta biodiversity khususnya dalam penanganan gajah liar. Juga pencegahan terjadinya kebakaran lahan gambut yang berulang di SM Padang Sugihan.

Selain menyaksikan serah terima GPS Collar, Bambang Hendroyono menanam pohon serta melepasliarkan satu individu satwa baning cokelat (Manouria emys) dan tiga individu satwa buaya muara (Crocodylus porosus).

Keempat individu satwa dilindungi tersebut berasal dari hasil evakuasi/serahan masyarakat ke BKSDA Sumsel dan telah melalui proses rehabilitasi dan pemeriksaan kesehatan.

Sekjen KLHK mengatakan mitigasi konflik manusia & gajah penting dilakukan, dengan teknologi GPS Collar 

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News